Personal & Lifestyle

Family Till Jannah di Kajian Islam Modern Mom Bandung



Yeay.. weekend kali ini ada acara seru di Masjid Trans Bandung, apa sih itu? Kalo di masjid pastilah acara kajian ya, dan yang mengadakannya adalah komunitas Modern Mom Bandung, dalam rangka meetup-nya  mereka mengadakan kajian islam dengan tema “Family Till Jannah” hadir sebagai pembicara yaitu Ust. Aaam Amirudin.

Acara yang dimulai jam 12.30 ini, dibuka dengan pembacaan lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Muzamil hasbalah, dengan membacakan QS. Arrahman
Semua orang yang menikah pastinya ingin sehidup sesurga, tapi apakah tujuan tersebut mudah dilalui? Tentunya tidak karena saat kita ingin mencapai surga akan ada berbagai ujian yang harus dilalui begitu pun dalam rumah tangga.
Usia pernikahan bukan ukuran, ada yang ditakdirkan menikah hanya sebentar karena pasangan yang lebih dahulu meninggal tetapi karena sholeh bisa sesurga, dan ada yang usia rumah tangga puluhan tahun tapi tak bisa berkumpul bersama di surga, ataupun sebaliknya.

Dalam kajian islam kali ini dengan tema “Family Till Jannah” Ust. Aam Amirudin menyampaikan landasan rumah tangga sampai surga adalah QS. Ar-Radu ayat 23. Ayat tentang rumah tangga sendiri ada dalam QS. Annisa ayat 21.

Pernikahan disebut juga Mitsaqon gholidzo yang artinya perjanjian agung atau perjanjian hebat oleh karena itu, pernikahan wajib diumumkan tidak hanya secara diam-diam saja.

Mengapa rumah tangga disebut perjanjian agung?

  • Rumah Tangga Adalah Ibadah Paling Lama

Ibadah seperti salat saja hanya sekitar 10 menit atau bahkan yang sudah ahli bisa 3 menit, puasa hanya sekitar 13 jam sehari. Berbeda dengan menikah yang ibadahnya setiap detik setiap menit Itulah kenapa rumah tangga disebut ibadah paling lama. Setiap perbuatan yang baik dilakukan untuk pasangan bernilai ibadah, meskipun hanya sekedar menawarkan minum air teh ataupun membawakan sebungkus makanan untuk istri.

  • Sekolah Paling Lama

Jika dihitung dari SD sampai doktor saja hanya 22 tahun jika lancar, berbeda dengan menikah belajarnya setiap saat, seumur hidup. Apalagi saat saling mempelajari dan menutupi serta menerima kekurangan pasangan belajarnya lebih lama lagi dan baru lulus saat maut yang memisahkan.

  • Kebersamaan Paling Lama

Dengan orang tua saja kita sebagai anak hanya bersama sampai usia sebelum menikah, tapi saat menikah kita bisa bersama pasangan lebih dari 30 bahkan ada yang lebih dari 40 tahun.

  • Menyatukan Dua Keluarga Besar

Pernikahan tentu saja melibatkan  kedua belah pihak baik dari suami maupun istri, untuk itulah rumah tangga disebut perjanjian besar.

Bagaimana Agar Rumah Tangga Bisa Sampai Surga?

  • Ada Kekuatan Agama

Hanya agama yang menyatukan di akhirat nanti tanpa agama kita tidak akan , contohnya saja rumah tangga nabi Luth dan nabi Nuh.

  • Ada Kekuatan Cinta

Cinta sendiri bisa diartikan menerima kekurangan dan memperbaikinya bersama, untuk itu jangan pernah merasa sempurna karena semua pasti punya kekurangan.

  • Kekuatan Do’a

Dengan kekuatan do’a begitu banyak rumah tangga yang masih bertahan meskipun diterpa berbagai ujian. Do’a adalah senjatanya orang yang beriman untuk itu jangan lupa terus berdo’a dan meminta kebaikan dalam rumah tangga.

  • Kekuatan Kata

Ada dalam Qs. Annisa ayat 9, keharmonisan rumah tangga jangan pernah dirusak dengan perkataan kasar yang dikeluarkan oleh suami ataupun istri.

  • Kekuatan Ilmu

Belajar, belajar dan terus belajar agar dua-duanya paham ilmu agama, landasannya ada dalam surat ke 58 ayat 11.

  • Kekuatan Sejarah

Suami atau istri selalu berusaha menciptakan prilaku yang menjadi kenangan indah bagi pasangannya. Bisa dilihat dalam surat Assyuro ayat 85.

Kajian selama satu jam ini rasanya tidak cukup, tapi jangan pernah mundur untuk belajar agar mencapai tujuan kita yaitu “Family Till Jannah”.

Diakhir acara panitia memberikan beberapa doorprize nya karena ternyata banyak sekali sponsor yang mendukung acara ini.






Bagi yang mau ikut gabung menjadi anggota modernmombandung bisa meluncur ke ig nya @modernmombdg ya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram