Personal & Lifestyle

Belajar Menulis Opini di Media Massa Bersama Sekolah Perempuan Mini


Sumber gambar; Facebook Ita

Menjadi penulis saat menuangkan ide dalam sebuah tulisan, kita bisa menggunakan media apapun seperti, blog, media sosial maupun media cetak , termasuk saat ingin menulis tentang opini. Opini sendiri dalam KBBI adalah pendapat, ataupun pemikiran.

Buat Anda yang ingin belajar menulis opini di media cetak, Sekolah Perempuan selain membuka kelas reguler  yang lama belajarnya 3 bulan, saat ini pun sudah membuka kelas mini, yang belajarnya selama 3 hari, termasuk materi dan pendampingan dari mentor. Salah satu training di kelas mini SP ini adalah menulis opini di media cetak.

Kelas yang diadakan oleh sekolah perempuan ini sangat tepat untuk perempuan, karena mempunyai tagline “Memberdayakan perempuan agar lebih berdaya, bisa beraktivitas dan berkarya di mana saja.”

Ada beberapa tips dari Mbak Pratami Diah, alumni SP angkatan 16 sekaligus mentor kelas mini menulis opini di media,  yaitu:

→ sangat penting mengetahui target pembaca dari media cetak yang kita tuju. Bagaimana gaya penulisannya, tata bahasanya dan juga tema seperti apa yang sering dibahas.

→ Redaktur ataupun Editor biasanya mencari penulis yang mengirimkan tulisan sesuai dengan bidangnya. Misalnya seorang lulusan ekonomi menulis tentang masalah ekonomi, seorang guru menulis tentang pendidikan. Penulis yang berkompeten lebih dipercaya, sehingga lebih mudah terbit.

→ Seringkali redaktur media cetak menguji kesungguhan si penulis, untuk itu saat naskah Anda ditolak, terus kirim agar mereka bisa menilai kesungguhan kita dalam mengirim karya.

Bagi Anda yang masih penulis pemula, tidak usah khawatir tidak bisa ikut, karena dalam kelas ini semua peserta akan belajar teknik mencari ide, penggunaan kalimat yang tepat dan memperdalam wawasan bagaimana menulis opini yang baik.

Nah, untuk Anda yang ingin belajar menulis opini dan menerbitkan karya di media cetak, bisa mengikuti kelas Sekolah Perempuan Mini ini. Jadilah perempuan yang berkarya dan torehkan sejarah melalui sebuah tulisan.


#indscriptwriting

#indscriptcreative

#inblack








2 komentar:

  1. Keren tipsnya. Semoga tulisan saya suatu saat bisa masuk rubrik opini yang cetar ��

    BalasHapus
  2. Pengen deh bisa nulis opini dan mejeng di media massa. Thanks for sharing Mba ☺

    BalasHapus

My Instagram