Personal & Lifestyle

Bank Sampah Bersinar, Mengelola Sampah Menjadi Bernilai

sumber gambar: okezone.com



Sampah sering kali menjadi masalah di setiap kota, padahal pengelolaan sampah sangat penting. Hal ini dikarenakan saat terjadi penumpukan sampah maka akan membuat keindahan sebuah kota menjadi tidak menarik, dan yang paling mengkhawatirkan jika itu terjadi akan menjadi sumber penyebaran penyakit. 

Salah satu kota yang terdapat tempat pengelolaan sampah, yaitu Kota Bandung. Tujuannya untuk mengajarkan rakyat nilai sebuah sampah.  



Saat live video di facebook dengan Teh Indari Mastuti, CEO Indscript, Fifie Rahardja sebagai founder bank sampah bersinar berujar “Sedikit cerita saat saya kecil saat ingin membeli gulali membelinya dengan cara membawa botol 3 buah dengan sistem barter”. Inilah salah satu hal yang dilakukan di BSB yaitu mengadopsi cara menukar sampah dengan sesuatu yang bernilai.
Program Bank Sampah bersinar ini mengajak Ibu-ibu menjadi pemilah sampah karena kalau hanya mengandalkan pemerintah maka urusan sampah tidak akan pernah selesai, maka  kita sebagai  warga negara pun bertanggungjawab penuh terhadap pengelolaan sampah ini. Caranya setelah dikumpulkan dijual ke Bank Sampah dan ditukar dengan voucher senilai hasil timbangan jumlah sampah yang disetorkan. Voucher ini pun bisa ditukar dengan sembako yang sesuai dengan besar voucher, tapi kalau misalkan masih kurang boleh ditambah dengan uang kas. Saat Bank sampah Bersinar ini pun sudah bekerjasama dengan bank BNI melalui sistem Sosioenterpenership.
Mengelola sampah yang diterima dengan cara mendaur ulang sampah, salah satunya dengan bekerjasama bersama para pelukis dari kampung pelukis jelekong, mereka membuat lukisan dari bahan daur ulang berbentuk 3D dan dijual kembali di galeri lukisannya.
Untuk kedepannya pun program Bank Sampah bersampah organik menjadi belatung untuk pakan bebek dan ikan, dan bisa mengurangi bau sampah dari bau sayuran yang membusuk, selain itu, bisa juga jadi pupuk kompos dan semua akan kembali menjadi uang kembali.
MasyaAllah ya, dari sampah yang kita anggap remeh ternyata bisa menghasilkan jika dikelola dengan sangat baik. Menjadikan sampah sebuah nilai baru, dan kita bisa kaya bersama-sama.

“Mencintai sampah, memanusiawikan sampah dan bertanggungjawab terhadap sampah”
Fifie Rahardja, Founder Bank sampah Bersinar


#indscriptwriting
#indscriptcreative
#inblack



1 komentar:

My Instagram