Personal & Lifestyle

7 Cara Membedakan Kosmetik Palsu dan Asli



Pixabay.com

Wanita dan kosmetik dua hal yang memang tidak bisa dipisahkan, karena sudah fitrahnya wanita ingin selalu tampil cantik. Setidak sukanya seorang wanita dandan, pastinya punya kosmetik meskipun hanya pelembab saja ataupun pencuci muka.

Banyaknya penggunaan kosmetik oleh kaum wanita, tentunya ini menjadi lahan bisnis yang menggiurkan, dan yang bikin seremnya lagi mulai banyak para produsen "nakal" yang membuat kosmetik palsu atau  abal-abal.
Contoh korban kosmetik palsu
Hipwee.com

Sudah beberapa kali BPOM melakukan razia kosmetik palsu yang tanpa izin, dan yang anehnya produk-produk tersebut ternyata masih laris di pasaran. Harganya yang murah, hasilnya yang instan menjadi daya tarik sendiri bagi para penggunanya.

Padahal, banyak efek samping yang akan dialami oleh para wanita yang menggunakan kosmetik abal-abal ini, yaitu, seperti kulit wajah yang kemerahan, wajah seperti terbakar, dan parahnya lagi bisa merusak organ penting dalam tubuh seperti ginjal, jika digunakan terus menerus.

Nah, bagi para wanita yang ingin terhindar dari kosmetik palsu dan berbahaya, ada beberapa cara agar terhindar darinya:

1. Cek Izin BPOMnya

Cara pertama yang bisa Anda cek untuk melihat palsu tidaknya atau resmi tidaknya kosmetik yang dijual adalah dengan mengecek nomor izin dari BPOM. Kunjungi webnya dan cek nomor seri izin kosmetik tersebut, apakah asli atau palsu.

2. Cek Kandungannya

Hindari membeli kosmetik yang mengandung mercury dan hydroquinon. Pastikan kandungannya aman.

3. Kemasan Produknya

Untuk mencek produk yang kita beli palsu atau tidak, bisa dengan cara mengecek kemasan produknya. Apakah botol dan kemasannya masih disegel, apakah warna kemasan jelas atau tidaknya. Bandingkan dengan produk sama yang sebelumnya Anda beli di tempat yang berbeda.

4. Jangan Tergiur Harga yang Murah

Harga yang murah biasanya sering membuat para wanita tertarik, tapi jangan sampai terkena jebakan harga murah tapi resiko jangka panjangnya  berbahaya. Curigalah jika ada produk kosmetik dijual dengan harga jauh dari harga aslinya, lebih baik membeli yang lebih mahal tapi asli, daripada yang murah tapi palsu.

5. Baunya Menyengat

Biasanya kosmetik palsu menggunakan bahan-bahan dari racikan zat kimia yang berbahaya, untuk itu tes baunya apakah menyengat atau tidak. Jika menyengat lebih baik tidak membelinya.

6. Hasilnya Yang Instan

Ingin tampil cantik jangan pernah tergiur dengan cara instan, semua perlu proses. Jangan pernah merasa bahagia saat warna kulit yang tadinya sawo matang dengan hitungan minggu bahkan hari menjadi putih, karena itu tandanya Anda harus hati-hati dengan produk tersebut.

7.  Tempat Saat Membelinya

Untuk menghindari membeli kosmetik palsu, lebih baik membeli kosmetik di gerai-gerai resminya. Jangan membeli kosmetik di tempat yang diragukan menjual produk yang  asli.


Itulah 7  cara agar terhindar dari kosmetik palsu, namun yang perlu diingat cantik secara fisik itu memang penting, tapi kecantikan fisik bukan segalanya. Jangan pernah minder dengan warna kulit yang kita punya, karena tenyata banyak loh turis asing yang ingin berkulit sawo matang.

Pancarkan kecantikan hati, jaga selalu kebersihan tubuh dan wajah, agar meskipun tampil minimalis tapi tetap terlihat cantik maksimal.


#satuharisatukaryaIIDN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram