Personal & Lifestyle

6 Obat-Obatan yang Wajib Ada di Kotak P3K Keluarga


Pixabay.com


Hari ini, hari terakhir challenge IIDN, gembira rasanya bisa ikut dan konsisten nulis dari hari pertama, meskipun kadang setor di menit-menit akhir setoran di tutup.
Setelah tema traveling yang sebelumnya jarang sekali saya tulis, tapi saat ditulis ternyata nulis tema tersebut , mengasyikan juga. Begitu pun dengan tema kecantikan, apalagi bagi saya yang nggak suka dandan, suatu tantangan tersendiri.
Di hari terakhir ini saya mau nulis tema kesehatan, yaitu tentang isi kotak P3K. Kotak P3K ini penting sekali keberadaannya  di setiap rumah, karena kadang kita tidak tahu kapan musibah akan terjadi, misalnya anak tiba-tiba jatuh, demam dan serangkaian kecelakaaan kecil lainnya.
Sebagai bantuan pertama untuk mengobati jika ada kecelakaan kecil ataupun anak tiba-tiba sakit, biasanya saya selalu menyimpan beberapa obat dibawah ini, yaitu:
Betadine
Untuk mengobati luka pertama pada kecelakaan, apalagi ada luka, biasanya saya bersihkan dulu dibawah air mengalir baru saya beri betadine, supaya luka cepat kering.
Paracetamol Anak
Anak-anak kadang-kadang mudah mengalami demam, biasanya selain memakai baju terbuka, di kompres air hangat  jika panasnya sudah lebih dari 38,5 saya beri dulu paracetamol untuk pertolongan pertama.
Hansaplast
Setelah diberi betadine, untuk luka yang lebih lebar dan lumayan besar biasanya diberi hansaplast untuk menghindari adanya bakteri atau kuman yang masuk ke dalam bagian tubuh yang terluka.
Madu
tokoprodukhalal.com
Biasanya saya menghindari anak-anak untuk meminum vitamin yang berbentuk obat, saya berikhtiar ke yang lebih dianjurkan nabi yaitu madu. Madu bisa juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Minyak Gosok
Untuk minyak gosok ini biasanya digunakan oleh kami orang tuanya, saat badan sudah mulai tidak enak apalagi kalau sedang masuk angin.
Minyak Avaloka
Untuk mengobati anak saat demam ataupun batuk agar dadanya hangat, biasanya saya menggosokan minyak avaloka.
Selain, 6 obat diatas yang selalu ada di kotak P3K, ada lagi obat yang saya belum beli yaitu minyak but-but, khasiatnya ternyata banyak, bisa untuk luka bakar juga, apalagi kita ibu-ibu kadang terkena cipratan minyak saat memasak.
Daftar obat di kotak P3K saya memang tidak banyak, karena kami sekeluarga lebih berusaha mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, daripada obat-obatan kecuali kalau darurat.

#SatuharisatukaryaIIDN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram