Personal & Lifestyle

5 Cara Memanfaatkan Liburan Untuk Ibu Bekerja


Pixabay.com


Yeay, Minggu ini asyik dong libur tiga hari, apalagi buat ibu bekerja seperti saya, karena hari libur biasanya menjadi hari buat beres-beres rumah, setrika gunungan baju yang sudah dicuci, dan juga beberapa pekerjaan rumah tangga lainnya yang jarang dikerjakan saat hari kerja. Tapi, nggak lupa juga menyediakan waktu untuk family time, membersamai anak-anak meskipun karena usia sudah semakin besar, mereka jarang di rumah sudah asyik dengan dunianya.
Hari libur bukan berarti hari bermalas-malasan, karena tetap sebagai ibu kita harus melakukan aktivitas seperti biasanya. Ada banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan oleh ibu yang bekerja selama liburan, yaitu:
Family Time
Pixabay.com

Sebagai ibu bekerja, tentunya kita tidak bisa punya banyak waktu untuk membersamai anak, apalagi yang bekerja kantoran pergi pagi pulang malam, tak jarang hanya sisa tenaga yang ada buat membersamai anak. Namun, itu bukan masalah besar jika waktu yang ada meskipun hanya beberapa menit bisa dimanfaatkan dengan baik, karena yang sangat penting bukan berapa lama kita membersamai anak, tapi seberapa baik kualitas yang dihadirkan saat bersama anak-anak.
Nah, momen liburan bisa dimanfaatkan untuk family time, bisa dengan berbagai cara meskipun hanya di rumah saja. Misalnya membuat kreasi di dapur, crafting bersama bahkan make over ruangan pun bisa menjadi momen yang sangat baik untuk mengisi  liburan bersama anak-anak.
Membereskan Bagian Rumah yang Jarang Dibersihkan
Pixabay.com

Untuk ibu bekerja yang tidak punya asisten rumah tangga, pastinya butuh tenaga extra untuk membereskan rumah. Tak jarang ada bagian-bagian tertentu dari rumah yang jarang dibersihkan seperti, gudang, kaca dan halaman. Nah, supaya liburan bermanfaat, kita bisa gunakan untuk membereskan beberapa area rumah yang jarang terjamah, supaya rumah lebih bersih dan nyaman untuk ditempati.
Membuat Jadwal Harian
Pixabay.com

Aktivitas yang berbeda dengan ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja, harus membuat kita pandai menyusun jadwal harian. Jangan sampai karena memenuhi tanggung jawab di tempat bekerja, membuat lalai tanggu jawab di rumah, ataupun sebaliknya. Profesional itu penting apapun peran kita, untuk itu buat jadwal harian, mingguan dan bulanan yang harus kita lakukan serta evaluasi apa saja yang kurang.
Membuat Hidangan Istimewa
Pixabay.com


Kadang karena kesibukan, saya jarang berekperimen di dapur, kadang malah beli jadi karena merasa kelelahan. Untuk itu, momen liburan bisa dijadikan waktu yang pas untuk mengolah hidangan istimewa untuk keluarga tercinta dan memanjakan lidah mereka.
Melakukan Hobi
Pixabay.com
Dengan berbagai kesibukan kadang untuk melakukan hobi yang kita sukai sering tidak ada. Untuk itu saat liburan, kita bisa gunakan untuk melakukan hobi, seperti, menjahit, memasak, traveling, nonton film, baca buku ataupun hobi lainnya.
Banyak cara memanfaatkan liburan, jadikan setiap liburan menjadi sebuah momen berharga buat kita sendiri, dan tentunya keluarga.





24 komentar:

  1. untuk Ibu ibu bekerja biasanya kalau ada libur jadi uplek beberes rumah. Tapi buat Saya lebih suka jalan jalan dengan keluarga untuk sekedar icip-icip kuliner atau mengunjungi tempat-tempat baru dikota sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, setuju kuliner dan jalan-jalan biar refresh ya

      Hapus
  2. pada saat saya masih bekerja dan baru mempunyai anak 1, dulu saya lebih suka berdiam di rumah sambil bermain seharian dengan anak. kalau suami tidak ada pekerjaan weekend, kadang kita melakukan family time dengan suasana baru diluar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mbak, setiap hari kita ninggalin anak jadi libur dimanfaatkan dengan bermain bersama mereka.

      Hapus
  3. Kalo saya libur kerja pasti tiduran mba, males2an. Kapan lagi bisa bocan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, saya juga kadang gitu he..he..

      Hapus
  4. Hi hi kl libur pengennya nyantai jg

    BalasHapus
  5. Melakukan hobi dan masak hidangan istimewa. Naah... Ini aku banget mbaak. Tp kalo utk urusan bersih2 biasanya nunggu mood dulu. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masaknya semangat, membersihkannya kadang suka malas, sama Mbak.

      Hapus
  6. Kalauu saya sukaaa semuanya, family time, menyalurkan hobi nulis, de el el...

    BalasHapus
  7. Saya nggak mesti Mbak. Kadang juga me time, kadang family time. Intinya menyesuaikan dengan acara keluarga saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan ya, Mbak dengan situasi dan kondisi.

      Hapus
  8. SamaMbak..semua yang dia atas saya sering lakukan..Terutama family time setelah setiap hari serumah disibukkan dengan masing-masing kegiatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul kalo libur kumpul semua

      Hapus
  9. Kalo aku, saat libur seringnya istirahat dan melakukan hobi mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting bisa dimanfaatkan ya, Mbak.

      Hapus
  10. Membuat hidangan istimewa bisa jadi trik ampuh untuk liburan sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, harus rajin ke dapur he..he.., sekali-kali soalnya.

      Hapus
  11. Kalo aku biasanya liburan diisi dengan membereskan rumah, masak atau traveling hehe

    BalasHapus
  12. Hehehe...ibu-ibu tuh yaaaa. Libur ngantor tapi teteup aja kerjain ini-itu di rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tiada hari libur sebenarnya he..he.

      Hapus

My Instagram