Museum Tempat Wisata Bersejarah dan Edukatif Untuk Anak

Januari 30, 2018




Bandungtourism.com

Pilihan wisata yang murah dan mempunyai nilai edukasi, salah satunya adalah dengan mengunjungi museum.  Menurut KKBI museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno”.

Berikut beberapa alasan mengunjungi museum:
      1. Menambah Ilmu Pengetahuan
Museum bukan hanya tempat sejarah nasional, tapi ada juga museum yang mengenalkan keanekaragaman bahari Indonesia seperti museum Bahari yang berada di Kota Tua Jakarta, ataupun museum Planetarium yang banyak membuat anak menambah pengetahuan tapi dengan cara menyenangkan dengan cara menonton pertunjukan teater bintang.
  
      2. Mengenalkan Sejarah
Salah satu cara agar anak mengetahui sejarah adalah dengan mengunjungi museum. Banyak museum sejarah nasional yang ada di Indonesia seperti, museum Tugu Pahlawan di Surabaya, dan museum Vredeburg  di Jogja.

Baca Juga: Cara mengenalkan Sejarah Pada Anak 
  
      3. Kedekatan Keluarga Lebih Erat
Dengan mengunjungi museum, akan terjadi diskusi antara anak dengan orang tua tentang berbagai hal yang ada di museum tersebut. Dengan banyaknya diskusi yang terjadi, maka akan membuat kedekatan antara orang tua dan anak semakin erat.

      4.  Harga Ramah di Kantong
Rata-rata harga tiket masuk museum tidak lebih dari 10 ribu, malahan ada yang dibawah 5 ribu. Tentunya dengan manfaat yang didapat, dengan rupiah yang dikeluarkan tidaklah sebanding dengan pengalaman menarik yang anak-anak dapatkan.

Di Bandung terdapat tiga museum yang menarik untuk anak-anak, apa saja itu? Ini dia tiga musemnya:
  
      1. Museum 3 D Amazing Art World

Wisatajabar.com

Museum yang berisi lukisan dari 15 pelukis, yang unik adalah penataan lukisan berbentuk tiga dimensi ini, semuanya terbalik dan sangat cocok bagi Anda pecinta selfie, serta pengalaman unik untuk anak-anak. Ada 11 zona dengan berbagai tema, yang menarik.
   
      2. Museum Geologi Bandung
Anekatempatwisata.com

Seiring boomingnya film Jurassic Park yang banyak disenangi anak-anak, maka museum Geologi ini adalah pilihan tepat, bagi para pecinta Dinosaurus. Museum Geologi menawarkan wisata edukatif, yaitu dengan adanya replika hewan-hewan pra sejarah, benda-benda pra sejarah dan tayangan tentang asal usul terjadinya bumi.
  
      3. Museum Asia Afrika
Museum yang berlokasi di jalan Asia Afrika ini adalah museum yang didirikan untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika dan pas untuk mengenalkan sejarah pada anak.
Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota Bandung akan sangat mudah dijangkau bahkan sambil berjalan kaki sambil menikmati keindahan kota Bandung.

Itulah tiga museum di Bandung yang bisa dijadikan pilihan wisata edukatif untuk anak. Mengenalkan sejarah kepada anak dengan cara berwisata museum, sangat penting jangan sampai mereka menjadi generasi penerus yang tidak tahu sejarah dan melupakan jasa para pahlawan, jadikan mereka menjadi generasi yang menghargai sejarah, dan membuat sejarah baru untuk masa depan.

#SatuharisatukaryaIIDN


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.