Personal & Lifestyle

Januari 31, 2018

Berencana Punya Anak Dengan Jarak Usia Berdekatan? Perhatikan 3 Hal Ini!

by , in






Dalam usia pernikahan yang menginjak dua belas tahun, Alhamdulillah kami dikaruniai tiga orang anak yang jarak usianya tidak jauh berbeda. Perbedaan usia anak pertama dan kedua berjarak tiga tahun setengah,  anak kedua  dan ketiga berjarak dua puluh tujuh bulan. 

Mempunyai anak dengan jarak usia yang tidak terlalu jauh itu memang kadang banyak kerepotan yang terjadi, tapi juga banyak keseruan yang terjadi.

Hal pertama yang dialami saat mempunyai anak dengan usia berdekatan itu, siap dinyinyirin orang lain, karena masih banyak orang yang sibuk mengurusi kehidupan orang lain, padahal setiap takdir, dan rencana dalam menjalani kehidupan rumah tangga itu berbeda.

Banyak nyinyiran yang saya alami, dari mulai kasihan anaknya masih kecil sudah punya adik, mau dikasih makan apa?, biaya hidup dan sekolah saat ini mahal loh!. Dan berbagai kata-kata yang kadang saat kita sedang sensitif, seperti membuat luka yang menganga, tajam menusuk hati (lebay)
Tapi, saat ini semua itu sudah terlewati semenjak semakin besarnya anak-anak, tidak ada lagi nyinyiran yang terdengar.

Saat kita berencana mempunyai anak yang berusia berdekatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Persiapan Spiritual dan Mental
Saat memutuskan menikah, maka kita harus mempersiapkan mental untuk menjalani dua peran sekaligus, yaitu sebagai istri dan nantinya sebagai ibu juga. Dua peran tersebut memang sudah ditakdirkan bagi seorang perempuan, tentunya dengan berbagai pahala yang akan mengalir jika ikhlas, dan tujuannya untuk beribadah saat menjalaninya.
Untuk itu kesiapan spiritual dan mental sangat penting, apalagi berencana mempunyai anak lebih dari dua, dan dengan jarak usia berdekatan. Harus bisa menstabilkan emosi dengan berbagai kondisi baik itu tanggapan negatif dari orang luar, bahkan dari orang terdekat seperti keluarga serta sahabat. Belum dari permasalahan secara ekonomi dan lain sebagianya.
Kerjasama dengan Pasangan
Dalam menjalani rumah tangga, kehadiran dan kerjasama dari pasangan itu sangat penting, apalagi mempunyai anak balita lebih dari satu, tentunya akan banyak tenaga yang dikeluarkan lebih dari biasanya. Banyak ibu yang mengalami depresi karena merasa stres saat harus melakukan semua pekerjaan rumah tangga serta mengasuh anak sendiri, suami ada tapi seperti tiada, belum lagi tekanan dari suami seperti rumah harus selalu rapih, makanan selalu harus ada tersedia di meja makan saat pulang kerja, tanpa memperhatikan ataupun melihat kondisi sang istri yang sudah terlihat kelelahan.
Agar terhindar dari depresi, maka bantuan dari suami sangatlah penting, tidak ada gengsi untuk membantu pekerjaan rumah tangga, karena saat semua peristiwa dilalui bersama, maka akan tercipta pernikahan dan keluarga yang bahagia.
Kesehatan Ibu
Untuk merencanakan mempunyai anak berjarak dekat, maka kesehatan ibu juga harus diperhatikan apabila mempunyai riwayat penyakit yang cukup berbahaya bagi nyawa ibu dan janin dalam kandungan, lebih baik memilih menunda dulu mempunyai lagi anak.

Berapapun rencana jumlah anak yang diinginkan, yang terpenting adalah kita sebagai orang tua benar-benar menjaganya sebagai amanah dari-Nya. 

#SatuharisatukaryaIIDN
Januari 30, 2018

Museum Tempat Wisata Bersejarah dan Edukatif Untuk Anak

by , in




Bandungtourism.com

Pilihan wisata yang murah dan mempunyai nilai edukasi, salah satunya adalah dengan mengunjungi museum.  Menurut KKBI museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno”.

Berikut beberapa alasan mengunjungi museum:
      1. Menambah Ilmu Pengetahuan
Museum bukan hanya tempat sejarah nasional, tapi ada juga museum yang mengenalkan keanekaragaman bahari Indonesia seperti museum Bahari yang berada di Kota Tua Jakarta, ataupun museum Planetarium yang banyak membuat anak menambah pengetahuan tapi dengan cara menyenangkan dengan cara menonton pertunjukan teater bintang.
  
      2. Mengenalkan Sejarah
Salah satu cara agar anak mengetahui sejarah adalah dengan mengunjungi museum. Banyak museum sejarah nasional yang ada di Indonesia seperti, museum Tugu Pahlawan di Surabaya, dan museum Vredeburg  di Jogja.

Baca Juga: Cara mengenalkan Sejarah Pada Anak 
  
      3. Kedekatan Keluarga Lebih Erat
Dengan mengunjungi museum, akan terjadi diskusi antara anak dengan orang tua tentang berbagai hal yang ada di museum tersebut. Dengan banyaknya diskusi yang terjadi, maka akan membuat kedekatan antara orang tua dan anak semakin erat.

      4.  Harga Ramah di Kantong
Rata-rata harga tiket masuk museum tidak lebih dari 10 ribu, malahan ada yang dibawah 5 ribu. Tentunya dengan manfaat yang didapat, dengan rupiah yang dikeluarkan tidaklah sebanding dengan pengalaman menarik yang anak-anak dapatkan.

Di Bandung terdapat tiga museum yang menarik untuk anak-anak, apa saja itu? Ini dia tiga musemnya:
  
      1. Museum 3 D Amazing Art World

Wisatajabar.com

Museum yang berisi lukisan dari 15 pelukis, yang unik adalah penataan lukisan berbentuk tiga dimensi ini, semuanya terbalik dan sangat cocok bagi Anda pecinta selfie, serta pengalaman unik untuk anak-anak. Ada 11 zona dengan berbagai tema, yang menarik.
   
      2. Museum Geologi Bandung
Anekatempatwisata.com

Seiring boomingnya film Jurassic Park yang banyak disenangi anak-anak, maka museum Geologi ini adalah pilihan tepat, bagi para pecinta Dinosaurus. Museum Geologi menawarkan wisata edukatif, yaitu dengan adanya replika hewan-hewan pra sejarah, benda-benda pra sejarah dan tayangan tentang asal usul terjadinya bumi.
  
      3. Museum Asia Afrika
Museum yang berlokasi di jalan Asia Afrika ini adalah museum yang didirikan untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika dan pas untuk mengenalkan sejarah pada anak.
Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota Bandung akan sangat mudah dijangkau bahkan sambil berjalan kaki sambil menikmati keindahan kota Bandung.

Itulah tiga museum di Bandung yang bisa dijadikan pilihan wisata edukatif untuk anak. Mengenalkan sejarah kepada anak dengan cara berwisata museum, sangat penting jangan sampai mereka menjadi generasi penerus yang tidak tahu sejarah dan melupakan jasa para pahlawan, jadikan mereka menjadi generasi yang menghargai sejarah, dan membuat sejarah baru untuk masa depan.

#SatuharisatukaryaIIDN


Januari 29, 2018

5 Objek Wisata Ini, Membuat Saya Ingin Berkunjung Ke Kota Malang

by , in


 
merdeka.com

Berwisata selama liburan, biasanya saya habiskan hanya di dalam kota Bandung saja, paling jauh ke Kota Garut. Seringnya ke wisata alam seperti Ciwidey dan Lembang, sekali-kali juga pernah ke Jakarta ikut rombongan sekolah itu juga.

Bukan tidak mau, tapi berbagai pertimbang harus saya pikirkan untuk berwisata ke luar kota, selain biaya tentunya kondisi anak-anak yang masih pada kecil belum memungkinkan untuk mengajaknya ke luar kota dengan menggunakan transportasi umum.

Ditulisan sebelumnya, saya ingin lagi berkunjung tahun 2018 ke Surabaya, dan kalau ditanya kota apa yang paling ingin di kunjungi suatu saat nanti yaitu Malang.

Apa alasannya?

Sering saya melihat di acara traveling TV swasta dan berbagai review di blog maupun portal berita tentang keindahan kota Malang, yang banyak terdapat wisata alamnya, dan ini bikin penasaran sekali.

Obyek wisata apa saja yang ingin dikunjungi jika berkunjung ke Kota Malang?
     1. Taman Selecta
wisatabaru.com


Taman yang dihiasai warna warni bungan ini, menjadi daya tarik sendiri untuk dikunjungi, belum lagi dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, tema bermain sampai ada fasilitas penginapan.   
     2.Hawai Waterpark
jejakpiknik.com


Wisata populer di Malang salah satunya Hawai Waterpark, yaitu wahana air yang lengkap, jadi kita tidak perlu jauh-jauh ke Hawai untuk menikmati Hawai water House, rainbow Fall, Ekolu Slide dan wahana lainnya, karena semua bisa dinikmati di Hawai Waterpark ini.
     3. Pantai-Pantainya

-   Pantai Balekambang
Tempatwisata.com

Disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang karena keindahan pantainya, dan terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan ke pulau kecil, yaitu Pulau Ismoyo.

-    Pantai Tiga Warna
wisatajalan,com

Berbeda dengan panati yang pernah saya kunjungi yaitu Pangandaran dan Parang tritis, Pantai Tiga warna ini mempunyai tiga warna air yang berbeda, hal ini dikarenakan perbedaan kedalaman lautnya.

-    Pantai Sendang Biru
Temuwisata.com

Terletak di sebelah Selatan Kota Malang, dengan ombak yang tidak besar ditambah bisa berkunjung menggunakan perahu khusus untuk menyebrang ke pulau  Sempu.
     4. Taman Labirin
malangwisata.com
    Pernah bermain  di Laman Labirin saat berwisata ke Taman Bunga Bogor, ternyata di Malang pun ada, bikin saya penasaran untuk mengunjunginya.
     5. Kampung Warna-Warni Jodipan
wisatasenibudaya.com

Kampung yang booming beberapa bulan terakhir ini, menjadi daya tarik sendiri untuk saya yang ingin tahu seunik apa kampung ini, dan bagaimana kehidupan masyarakatnya.

Sebenarnya masih banyak wisata Malang yang ingin dikunjungi, tapi sementara itu dulu, kayaknya seminggu pun akan terasa kurang untuk berkeliling disana. Dengan adanya berbagai keindahan obyek wisata diatas, semakin membuat saya penasaran dan harus membuat planning untuk pergi ke sana meskipun tidak di tahun ini, dan semakin giat menabung untuk bisa mewujudkannya, karena impian saya sebenarnya adalah berwisata ketiga tempat sekaligus yaitu, surabaya, malang dan yogyakarta.

Mudah-mudahan dilancarkan semua proses meraih impian ini, dan diberi kemudahan Aamiin.

#SatuharisatukaryaIIDN


Januari 28, 2018

Ini Dia 5 Olah Raga Favorit Para Emak

by , in




Pixabay.com

Resolusi saya di tahun 2018 ini, salah satunya ingin rutin olah raga. Bukan hanya ingin berat badan berkurang tapi yang lebih penting adalah mempunyai badan yang sehat dan stamina lebih fit. Untuk itu sekarang mulai rutin berolah raga meskipun belum ikut rutin di kelas senam, hanya berolah raga mengikuti video dari youtube saja. Lumayan selama dua minggu libur berat badan berkurang 1 kg 😁, padahal makan belum dijaga.

Hari ini saya penasaran nih, apa saja olah raga yang menjadi favorit para Emak di luar sana? Akhirnya bikin survey kecil-kecilan, dan tidak menyangka Alhamdulillah antusiasnya cukup banyak yang menjawab, meskipun masih ada yang menjawab olah raga favoritnya lari lari dari masalah 😀, kebayang gimana cape nya.  Tapi, ya namanya Emak-Emak suka bercanda untungnya nggak ada yang jawab memikul berat beban kehidupan, kan bisa lebih parah, tuh.

Kembali ke olah raga favorit para Emak, dan ini dia 5 olah raga dan alasannya yang diambil berdasarkan survey di timeline facebook saya, yaitu:
1.       Yoga
Pixabay.com

Menurut Mbak Damar Nur Aisyah, alasannya karena badan nggak bikin ngos-ngosan tapi terasa efeknya ke badan. Sedangkan menurut Mbak Raikhatuz Zahro, “ yoga itu nggak ribet dan juga ramah di kantong”.
2.       Bela Diri
Salut sama Emak-Emak yang masih olah raga dengan bela diri, saya mah ampun deh nyerah, badan dibawa nyuci dan nyetrika aja dah mulai kerasa sakit pinggang, apalagi bela diri. Tapi, menurut Mbak Sani Hasanah, “bela diri itu membuat semua tubuh bergerak dan bisa melampiaskan emosi”. Nah, alesan yang terakhir bagus juga ya buat para Emak daripada melampiaskan emosi terhadap anak mending dilampiaskan dengan cara ikut bela diri, selain badan fit, emosi pun terjaga.
3.       Renang
Alesan umumnya sih sama melatih pernafasan dan senang berlama-lama di air, kirain anak saja yang senang berlama-lama di air ternyata Emak nya juga Sama.😅.
4.       Naik sepeda
Olah raga ini dipilih karena bisa untuk semua usia mulai nenek kakek sampai cucu bisa barengan olah raga bersepeda. Dan menurut Mbak Dian Novandra “sepeda itu bikin happy
   “, bahagia bisa sederhana apapun.
5.       Jalan Santai
   Jalan santai dipilih oleh mbak Nani Mulyaningsih karena dia suka, mudah, murah dan agak santai. Bisa hanya jalan diseputar rumah saja, nggak perlu jauh-jauh.

Ya, itulah hasil survey kecil-kecilan. Tapi, yang paling favorit bagi saya adalah jalan kaki dan renang. Namun satu bulan ini mulai mencoba zumba, alasannya karena senamnya dinamis, cepat berkeringat, cocok bagi saya yang sering kebanyakan makan yang mengandung gula dan lemak. Jadi, setidaknya terbantu untuk membakarnya dengan cara rutin senam zumba.

Apapun olah raga yang menjadi pilihan, yang penting adalah konsisten. Yang saya rasakan membangun kebiasaan untuk berolah raga bagi yang sangat-sangat jarang berolah raga adalah bukan yang mudah. Ingin mempunyai tubuh sehat butuh sebuah proses karena meninggalkan kebiasaan lama itu sulit, dan semua tidak ada yang instan, mau tubuh sehat ya olah raga jawabannya.

#SatuharisatukaryaIIDN


My Instagram