Personal & Lifestyle

Agar Tulisanmu Tidak Menjadi Harimaumu


sumber: pexels

Seiring perkembangan zaman, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi termasuk, perkembangan dunia maya. Tentu saja, kita sebagai muslimah harus bisa menguasai teknologi, jangan sampai tertinggal oleh non muslim.

Tapi, seperti dalam pergaulan di dunia nyata, di dunia maya pun kita harus mempunyai aturan tidak bebas begitu saja. Jangan sampai keaktifan kita berinteraksi di dunia maya membuat kita terlena dan banyak meninggalkan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah.

Meskipun dunia maya ada beberapa hal negatif, tetapi sebagai muslimah kita bisa menggunakannya untuk beberapa hal positif yaitu:

1.  Menjadikan dunia maya sebagai media berdakwah
Kewajiban kita terhadap sesama muslim adalah saling menasehati dalam kebenaran sebagaimana firman Allah dalam Qs. Al Ashr ayat 3 yang berbunyi: “kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” 
Untuk itu agar jangkauan dakwah kita makin luas, tidak ada salahnya jika menggunakan dunia maya terutama media sosial untuk menyampaikan nasehat dan status-status yang bermanfaat yang saling mengingatkan para pengguna media sosial tentang ajaran-ajaran islam yang sesungguhnya.

2.  Memperluas silaturahmi
Makin banyaknya pengguna media sosial, maka semakin banyak peluang menambah teman, untuk itu kita bisa memanfaatkannya untuk memperluas silaturahmi agar semakin banyak ilmu dan hikmah yang bisa kita ambil dari mereka, pun sebaliknya semakin memperluas lahan dakwah.

3.  Menambah ilmu
Begitu banyak muslim dan muslimah yang memberikan ilmunya lewat dunia maya, kita tinggal menyimak dan tentu saja hal ini mempermudah jalan kita sebagai muslimah untuk menuntut ilmu, tanpa harus keluar rumah.

4.  Selalu update informasi
Kadang kita sering tertinggal informasi karena berbagai hal, dengan adanya dunia maya terutama media sosial, kita bisa mendapat banyak  informasi-informasi terkini tentang yang dishare oleh sesama pengguna media sosial.

5.  Mempermudah komunikasi
Dulu sebelum maraknya penggunaan internet dan media sosial, sering kali kita kesulitan untuk berkomunikasi dengan pasangan ataupun saudara yang berada di luar negeri, namun sekarang jarak seakan bukan masalah karena bisa setiap saat berkomunikasi dengan mereka karena adanya berbagai kemudahan dari fasilitas di dunia maya.

Selain sisi positif, untuk berinteraksi di dunia maya terutama media sosial ada beberapa hal yang harus dihindari, yaitu:

1.  Mengumbar aib di media sosial
Wanita memang sering mudah baper, apa-apa ingin diceritakan termasuk saat mempunyai masalah bisa itu dengan teman, saudara bahkan dengan pasangan. Padahal, tanpa disadari kita mengumbar aib sendiri. Hal seperti ini bisa membuat kita berdosa tanpa disadari.

2.  Terlalu pamer
Fenomena selfie saat ini bisa menjerumuskan kita menjadi termasuk orang yang riya, yang senang memamerkan kemewahan dalam hidupnya. Untuk itu perbaiki niat saat ingin mengunggah apapun itu, dan usahakan tidak berlebihan.

3.   Menyebarkan berita hoax
Makin banyak berita hoax yang beredar, untuk mewaspadainya pastikan sumber apa yang akan kita bagikan itu jelas, supaya terhindar dari mata rantai penyebar berita hoax.

4.  Nyinyir terhadap kehidupan orang lain
Saat kita melihat ada orang yang lebih berhasil ataupun bahagia, tidak usah menjadi orang yang nyinyir apalagi ditulis di media sosial, karena hal ini bisa membuat banyak orang yang salah paham.

5.  Melakukan plagiat atas tulisan orang lain
Plagiat adalah hal yang tidak boleh kita lakukan, jika menyukai suatu tulisan lebih baik share dan tentu saja harus minta izin penulis dan cantumkan juga sumbernya. Jangan pernah mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan kita, karena jika ketahuan kita sendiri yang akan malu dan dianggap tidak menghargai penulisnya.

Meskipun ada sisi negatif dan positifnya, kita tak bisa lepas begitu saja dari dunia maya, untuk itu bijaklah selalu saat menggunakan dunia maya dan berinteraksi di media sosial. Jangan sampai tulisanmu menjadi harimaumu.

#TulisaninidiikutsertakandalamPOSTEMBLOGGERMUSLIMAHbulanNovember


12 komentar:

  1. Tulisanmu harimaumu.., jadi kita musti bijak saat menggunakan dunia maya dan sosial media..
    Terima kasih sudah diingatkan Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, Mbak betul sekali tanpa sadar tulisan kita bisa menjadi sumber masalah

      Hapus
  2. He.em... Dakwah temanya gak perlu susah2. Ikutan postem ini udah dakwah kok ya...nulis yg baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul banget Mbak, banyak inspirasi dari tulisan teman-teman.

      Hapus
  3. Nah, plagiarisme ini selain berlawanan dengan adab, juga kan bisa ada potensi menurunkan kredibilitas web/blog/diri kita sendiri, ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, padahal begitu banyak ide untuk nulis dan bisa kita tuangkan dengan gaya sendiri.

      Hapus
  4. Benar Mba. Meski hanya tulisan bisa jadi harimau yang mencabik-cabik hati pembacanya. Terima kasih sudah diingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kadang tanpa penulis sadari ada beberapa tulisan yang menyinggung orang lain, dan mudah-mudahan kita dijauhkan ya, Mbak. Aamiin

      Hapus
  5. Nyinyir kehidupan orang lain itu susah banget buat ditahan..
    Dengan ada internet, privasi orang jadi terbuka lebar..

    BalasHapus
  6. Tambah ilmu lagi,saya. Terimakasih mba

    BalasHapus
  7. Semoga tulisan sy tidak jadi harimau yang justru berbalik mencabik diri sendiri...:)

    BalasHapus
  8. Pernah ngalamin tulisan blog di copas oleh blogger lain, dianya masih bocah sih jdi kayaknya belum paham kalau nyomot tulisan sembarangan itu nggk boleh

    BalasHapus

My Instagram