Resep Ayam Bakar Teflon



Siapa yang  suka koleksi buku, majalah dan tabloid resep bahkan mencatat resep hasil browsing, tapi nggak pernah eksekusi? Kalo ada berarti kita sama heu..heu..heu..

Entah ada berapa buku resep masakan yang saya miliki, dengan niat awal ingin rajin di dapur, selalu bisa menyediakan makanan homemade buat suami dan anak tercinta, tapi kenyataannya masak itu lagi, itu lagi.

Meskipun jarang mempraktekan resep yang ada di buku, tapi rasanya sayang kalau buku itu dijual ataupun diberikan ma yang lain, siapa tahu tiba-tiba semangat memasak mulai membara sehingga betah lama-lama di dapur.

Nah, ada beberapa cerita yang membuat saya harus mulai rajin berlama-lama di dapur salah satunya yaitu saat suami harus bekal untuk makan siang. Bisa aja sih beli, tapi kan lebih mahal belum dari segi bahan dan kebersihannya juga belum tentu terjamin.

Okelah daripada budget makan siang membengkak, maklum emak-emak irit mulailah saya buka-buka buku resep, meskipun akhirnya tetap meluncur ke web masak andalan yaitu Cookpad. Dicarilah menu yang simple tapi beda dari biasanya, dan pilihan jatuh ke menu ayam bakar teflon.

Ayam Bakar Teflon
Sumber: Cookpad
By: Imut

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
½ kg ayam bersihkan lumuri jeruk nipis agar tidak bau anyir diamkan selama 15 menit lalu cuci kembali.
2 lembar daun salam
2 batang serai
1 ruas lengkuas
2 lembar daun jeruk


Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
3 buah cabe merah
1 ruas jahe

Cara Membuat:
1.                   Tumis bumbu yang dihaluskan lalu masukan rempah daun masukan daging ayam, tambahkan air secukupnya dan ungkep sampai air menyusut.
2.                   Setelah air menyusut, siapkan teplon olesi mentega dan bakar ayam diatasnya sambil diberi olesan kecap manis.
3.                   Setelah matang angkat dan sajikan.

Menu ini simple dan rasanya enak hanya kurang terasa rasa asinnya karena saat mengungkep tidak ditambah garam hanya mengandalkan rasa asin dari mentega.

Lumayan, koleksi menu bertambah dan agar lebih mantap saya hidangkan bersama tahu goreng, sambal terasi dan pete yang digoreng.


Meskipun sederhana, tapi makanan yang disajikan dari rumah akan lebih membuat suami lahap dan tidak mengharuskannya keluar kantor hanya untuk mencari makan siang dengan menu yang  sesuai selera.
Happy cooking ya mom!

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT5

2 komentar:

  1. Wah praktis ya gak perlu pemanggang maupun oven. Terima kaish resepnya. Kapan2 saya mau coba ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama-sama Mbak, selamat mencoba ya!

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.