Personal & Lifestyle

Outing Class Ke Dinas Pemadam Kebakaran



Hari Jumat kemari adalah hari pertama buat Sahla ikut acara Outing Class, dengan tujuan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung dan Pizza Hut.

Dua hari sebelumnya Sahla sempat sakit karena alerginya kambuh, jadi dari pada nggak ikut Outing Class karena sakit akhirnya Ngga masuk sekolah dulu. Hari kamisnya sudah dikasih tahu besok kita mau jalan-jalan, dan seperti biasa Sahla sangat antusias dan janji mau bangun lebih pagi biar nggak kesiangan.

Keesokannya, beneran Sahla bangun jam 4 subuh, padahal kumpul di sekolah jam 7 pagi, mungkin saking antusiasnya untuk ikut kegiatan.

Jam 7.30 pagi, rombongan sekolah mulai berangkat dansampai di Dinas Pemadam Kebakaran sekitar jam 8.00.  Anak-anak dibariskan dan langsung menuju ke lantai 4, untuk pengarahan dari petugas Damkar. 

Saat di aula, orang tua murid ditanya kalo terjadi kebakaran mau memadamkan api sendiri atau memanggil petugas pemadam? Dan jawabannya pasti memanggil Pemadam Kebakaran. Nah, lalu diadakan simulasi kebakaran via layar dan ada perwakilan orang tua yang berperan sebagai korban kebakaran, lalu menelepon petugas pemadam kebakaran, dan ternyata waktu yang digunakan untuk menelepon saja sekitar 47 detik, belum perjalanan petugas di jalan, nah kalau nunggu pastinya rumah kita akan langsung hangus.



Bagaimana caranya memadamkan api secara mandiri?
Agar kita bisa waspada maka seharusnya setiap rumah mempunyai alat pemadam sendiri yaitu yang bernama Apran. Jika kebakaran berpotensi besar maka segera hubungi petugas pemadam kebakaran di nomor 113.
 
bukalapak.com



Apa saja tugas pemadam kebakaran:
1.      Pencegahan (mencegah)
Dengan melakukan sosialisasi yaitu berupa penyuluhan/pelatihan kepada masyarakat dan   pemeriksaan alat proteksi kebakaran pada gedung-gedung secara berkala.
2.      Penanggulangan.
Memadamkan dan menanggulangi saat terjadi kebakaran di suatu tempat.
3.     Penyelamatan
Penyelamatan disini tidak hanya untukmemadamkan saat terjadi kebakaran saja, tetapi bisa juga untuk penyelamatan yang lain, seperti ada korban yang masuk ke sumur, menolong orang yang berniat  bunuh diri, sampai membantu warga dari ancaman binatang berbisa sepeti ular.

Dan, semua gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Setelah, di aula anak-anak keluar gedung dan ada simulasi pemadaman api menggunakan Apran oleh perwakilan ibu guru. 


Lalu, anak-anak memakai jas hujan karena akan bermain air, dan ini momen paling seru untuk anak-anak. Mereka disemprot air menggunakan selang untuk memadamkan api, wah seru anak-anak minta terus air.



Sebelum pulang dan acara terakhir semua anak dan orang tuanya bisa naik mobil pemadam kebakaran. Meskipun hanya berkeliling dengan jarak yang dekat tapi buat mereka itu adalah pengalaman yang menyenangkan.


*Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT8









2 komentar:

  1. Serunya anak-anak jika diajak outing

    BalasHapus
  2. Ya Mbak kegiatan outdoor sering kali membuat mereka lebih tertarik.

    BalasHapus

My Instagram