Personal & Lifestyle

5 Makanan Ala Sunda Ini Wajib Anda Coba



Kota Bandung, selain terkenal sebagai surganya belanja, terkenal juga sebagai surga kuliner. Banyak jenis varian kuliner baru setiap tahunnya dari para penjual kuliner yang sangat kreatif menciptakan berbagai jenis makanan yang berbeda dari yang lain, dan masalah rasa nggak usah diragukan semuanya enak.

Nah, kalau membahas tentang kuliner, di Bandung ini terkenal dengan makanan khas Sundanya. Bagi Anda yang akan mampir ke Bandung, berikut 5 jenis makanan ala Sunda yang harus Anda coba:
1. Lotek
sumber:Trivia.co.id
Lotek adalah makanan yang terbuat dari beberapa jenis sayuran seperti kol, ketimun, tauge, dan kacang panjang. Ada dua pilihan bisa lotek mentah yang sayurannya tidak direbus dulu, ataupun mau lotek matang yang sayurannya direbus dulu. Khusus lotek matang biasanya ada tambahan jenis sayurannya yaitu, kangkung dan labu siam.
Cara membuatnya pun sederhana hanya terdiri dari kacang tanah yang sudah digoreng, kencur, bawang putih, gula merah dan beri ubi atau kentang kukus untuk membuat bumbu lebih kental, lalu dihaluskan semua tambah air secukupnya dan terakhir masukan sayuran.
Untuk yang baru ke Bandung dan ingin menimati lotek, Anda bisa membelinya di jl.Kalipah Apo, berlokasi dekat Alun-alun Bandung, lotek disana terkenal enak sekali.

2. Karedok
Sumber: Resepumi.com

Selain lotek ada karedok tapi dengan jenis sayuran dan bumbu yang berbeda. Karedok biasanya memakai sayuran leunca ataupun kacang panjang dan terong hijau, bumbunya pun terdiri dari garam, kencur, terasi, gula merah yang dihaluskan. Setelah bumbu halus masukkan sayurannya dan jangan lupa tambahkan kemangi.
Anda bisa mencoba karedok ini saat makan di rumah makan Sunda seperti, Ampera dan Bu Imas yang karedoknya disajikan gratis loh.

3. Nasi timbel
Sumber: masakankoki.com

Nasi timbel adalah nasi yang disajikan dengan cara berbeda yaitu menggunakan daun pisang, ada yang hanya dikukus saja dan ada yang dibakar juga. Aroma dari daun pisang, akan menambah cita rasa yang berbeda. Anda bisa menikmatinya dengan aneka lauk pauk, seperti ayam, tahu tempe goreng, sambal dan sayur asem, agar rasanya lebih nikmat.

4. Nasi Liwet
Sumber: resepharian.com
Nasi liwet khas sunda berbeda dengan nasi liwet dari kota lain, yaitu tidak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Bumbunya pun sederhana terdiri dari bawang putih, bawang merah, batang serai, daun salam, cabai rawit dan daun kemangi. Untuk menambah aromanya biasanya ditambahkan teri medan ataupun ikan asin lainnya. Akan lebih nikmat jika disantap dengan sambal dan aneka lalapan.

5. Pepes
Sumber: Youtube.com


Dalam bahasa Sunda Pepes biasanya disebut dengan pais. Pepes atau pais ini disajikan dengan menggunakan daun pisang, Isinya bisa berupa ikan mas, ayam, tahu, asin peda, jamur tiram dan sebagainya. Bahan-bahan yang digunakan pun dari aneka rempah bumbu yang dirajang ataupun dihaluskan sehingga menambah aroma khas dari pepes ini. Penyajiannya pun bisa dengan hanya dikukus saja ataupun dibakar.

Selain, 5 makanan khas Sunda diatas, masih banyak makanan ala Sunda lainnya, itu juga belum termasuk aneka cemilannya.
Jadi, bagi Anda yang akan berwisata ke Bandung, siap-siap membawa bekal uang yang cukup, dan jangan diet ya, karena bisa dipastikan diet Anda akan gagal😁.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT3



14 komentar:

  1. Saya sukaaa semuanyaa...apalagi lotek Mbak Laras...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama Mbak suka lotek, tos dulu ah!

      Hapus
  2. Nasi timbel dan liwet ini kesukaanku. Nyam Nyam deh

    BalasHapus
  3. Saya sukanya batagor. Eh itu termasuk makanan sunda juga gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk juga Mbak, batagor juga salah satu makanan khas Bandung

      Hapus
  4. Favorit saya semua ini nyam nyam...

    BalasHapus
  5. Makanan-makanan ala sundanya bikin laper mbak >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya juga nulis sambil perutkeroncongan

      Hapus
  6. Buat aku tetep nasi timbel juaranya. Hmmm ... Nyam nyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya Mbak tambah sambel dan ikan asin juga sayur asem mantap

      Hapus
  7. Sukaaa semuaaa
    Favorit semuaaa

    BalasHapus

My Instagram