Personal & Lifestyle

5 Hal Ini Penyebab Rumah Selalu Berantakan



Hal yang bikin suka saya baper pas lihat medsos apalagi di instagram adalah banyak para pecinta homedecor yang bisa menata rumahnya dengan rapi dan suasananya membuat semua penghuni nyaman saat berada di rumah.


Beda banget ma rumah sendiri, yang sering berantakan jarang banget rapinya, sampai-sampai pas ada tamu mau berkunjung segala diumpetin dulu. Dulu saya selalu beralasan  kerja, punya anak tidak punya ART, tapi benarkah alasan tersebut? Atau hanya sebuah alasan untuk menyembunyikan rasa malas saat membereskan rumah?. Buktinya banyak para ibu bekerja, punya anak kecil tapi rumah selalu terlihat rapi. Banyak juga yang tanpa ART bisa teteap merawat rumah, ah saya sadar itu hanyalah sebuah alasan untuk sebuah pembenaran.


Nah, sebelum saya mulai membereskan rumah, saya cari  dulu apa penyebab rumah selalu berantakan?

1.  Terlalu banyak barang

Perempuan itu memang banyak yang senang membeli barang, apalagi perabotan rumah tangga untuk dapur. Sering banget lapar mata lihat katalog wadah plastik kedap udara, atau saat jalan-jalan lihat alat masak yang lucu, pasti inginnya beli. Ada produk makanan yang sedang promo berhadiah toples atau mug selalu dibeli, akhirnya banyak barang yang menumpuk. Kebiasaan seperti ini bisa membuat rumah menjadi  sumpek karena terlalu banyak barang,

Belilah perabotan rumah tangga seperlunya, dan jangan menuruti terus nafsu belanja yang tidak akan ada habisnya.

2.   Menyimpan barang tidak pada tempatnya

Seringkali karena kurangnya disiplin dalam menyimpan barang, jadi banyak barang berserakan di mana-mana. Akhirnya barang sering hilang, dan rumah tidak pernah terlihat rapi.

3.  Sering menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan rumah tangga

Kalau rasa malas dituruti, maka kita akan terus-terusan menunda-nunda membereskan rumah tangga. Padahal, mau nanti atau sekarang tetap saja kita yang mengerjakan, untuk itu jangan pernah menunda-nunda pekerjaan.

4.  Lupa waktu

Saat kita sudah buka hp seringkali lupa waktu, sehingga banyak waktu terbuang, atau saat menonton tv terlalu asyik dengan jalan cerita sampai lupa belum menyelesaikan pekerjaan di rumah.

5. Tidak ada kerjasama antara anggota keluarga

Rumah rapi dan bersih pastinya keinginan semua anggota keluarga, dan kewajiban menjaga kerapihan dan kebersihan rumah pun kewajiban semua anggota keluarga bukan kita saja, jadi jika tidak terbiasa disiplin dalam segala hal seperti, menyimpan mainan pada tempatnya, menggantungkan tas sepulang dari sekolah, atau menyimpan sepatu pada tempatnya, maka kita sebagai ibu yang akan terus menerus membereskan semua.


Setelah mengetahui penyebabnya, yuk sama-sama merubahnya dan mulai merapikan rumah agar tercipta rumah yang bersih, sehat dan membuat nyaman semua anggota keluarga.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia
#ODOPOKT7




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram