Personal & Lifestyle

5 Alasan Ibu Bekerja Rentan Terkena Stres





Saat ini banyak kasus ibu rumah tangga yang mengalami depresi, dan menjadikan anak sebagai pelampiasan. Namun, selain ibu rumah tangga, ternyata ibu bekerja pun sama rentan terkena stres, apalagi mempunyai dua peran berbeda yang harus dijalani sekaligus. Menjalani hanya satu peran saja terkadang membuat kita stres, apalagi ini ada dua peran.

Kenapa ibu bekerja juga  rentan terkena stres, berikut ini beberapa penyebabnya:
1. Harus masuk meskipun anak sedang sakit
Di beberapa perusahaan masih menerapkan aturan tidak boleh izin tidak masuk bekerja lebih dari dua hari meskpiun anak sedang sakit.  Aturan seperti itu tentunya sangat membuat para ibu bekerja galau antara harus bekerja tapi tidak tega harus meninggalkan anak dalam keadaan sakit dan sangat membutuhkan kehadiran ibunya.
2. Tekanan di tempat kerja
Dengan adanya tekanan dari atasan tempat bekerja, bisa membuat Anda stres belum lagi harus memikirkan tugas sebagai istri dan ibu saat di rumah. Untuk itu, cobalah menghirup nafas lebih dalam dan beri waktu untuk menyendiri meskipun beberapa menit agar kepenatan mulai berkurang.
3.  Suami dan anak mulai protes tentang ibunya yang terlalu sibuk
Ada kalanya, suami dan anak-anak akan protes saat Anda terlalu sibuk bekerja dan mereka merasa terabaikan. Hal ini bisa membuat Anda tidak konsentrasi dalam bekerja, dan dihadapkan dengan dilema antara keluarga dan pekerjaan.
4.  Dituntut profesional
Dalam bidang apapun, peran yang kita ambil seharusnya memang profesional. Begitu pun saat di rumah dan di tempat kerja. Jangan pernah membawa masalah rumah ke kantor, dan sebaliknya masalah kantor dibawa ke rumah. Lupakan semua permasalahan di kantor saat berada di rumah, tetap berikan senyuman terbaik untuk anak-anak. Bukankah Anda memilih bekerja salah satu alasannya untuk masa depan anak-anak?.
5. Terjadi konflik dalam rumah tangga karena posisi karir Anda lebih tinggi dari suami
Banyak konflik dalam rumah tangga yang terjadi karena posisi karir istri lebih tinggi dari suami. Untuk itu saat ini terjadi, selalulah memposisikan bahwa sebagai istri Anda tetap harus taat dan patuh terhadap suami, bedakan saat bekerja di kantor dan saat berada di rumah.

Memperhatikan beberapa alasan diatas, untuk itu saat Anda memilih menjadi ibu bekerja hal yang harus dilakukan adalah:
1. Izin suami
Izin suami sangatlah penting, jangan pernah memaksakan diri untuk bekerja jika suami tidak mengizinkan.
2. Siapkan mental dan emosi
Dunia kerja adalah dunia yang banyak tantangan, sebaiknya persiapkan mental dan emosi saat memutuskan bekerja.
3. Komitmen
Komitmenlah disaat memilih berperan ganda, seimbangkan dua peran tersebut dan utamakanlah tugas Anda menjadi istri dan ibu bukan menjadi pegawai.
4. Pintar memanajemen waktu
Berperan sebagai apapun manajemen waktu itu snagatlah penting karena tanpa manajemen waktu yang baik maka semua akan berantakan dan tidak akan bisa dilakukan secara profesional.

Jadi, apapun pilihan yang Anda pilih, bersiaplah dengan segala konsekuensinya dan jika bekerja sudah melalaikan keluarga maka saatnya Anda harus menetapkan hanya satu pilihan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram