Personal & Lifestyle

Yuk, Manfaatkan Waktu Ngabuburit dengan 7 Cara Ini











Di bulan Ramadhan ini ada kebiasaan masyarakat untuk ngabuburit, istilah ngabuburit ini sendiri biasanya digunakan saat kita menghabiskan waktu sambil menunggu adzan maghrib tiba.


Banyak yang menggunakan waktu ngabuburit ini, dengan jalan-jalan ataupun mencari makanan untuk berbuka. Padahal, banyak loh, yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu ngabuburit ini, yaitu:

1. Tilawah Qur’an

Daripada kita jalan-jalan tidak tentu, apalagi sampai berbuat hal yang dilarang oleh agama, lebih baik menggunakan waktu ngabuburit ini dengan tilawah qur’an dan mengkaji arti dari setiap ayat yang kita baca. Sehingga waktu menjadi bermanfaat dan kita memperoleh pahala karena membaca al-qur’an.

2. Mengikuti kajian

Jadikan momen Ramadhan sebagai saat kita untuk menambah ilmu agama, saat menunggu maghrib tiba, kita bisa menggunakannya untuk belajar lagi ilmu agama dengan mendatangi berbagai majelis ilmu.

3. Membaca buku

Mengisi waktu ngabuburit pun bisa digunakan dengan membaca buku, selain buku kita pun bisa membaca artikel-artikel diberbagai website yang bisa menambah ilmu pengetahuan agar ilmu dalam diri kita terupgrade terus.

4. Beraktivitas dengan anak

Kita bisa melakukan berbagai aktivitas denngan anak saat menunggu adzan maghrib tiba, jadikan waktu ngabuburit sebagai ajang kumpul bersama keluarga dan membuat anak-anak merasakan waktu kebersamaan yang berkualitas dengan kita.

5. Bereksplorasi di dapur

Sambil menunggu waktu berbuka, kita bisa memanfaatkannya untuk mencoba berbagai menu baru untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Ajak juga semua anggota keluarga supaya kegiatan di dapur ini lebih asyik dan membuat semua anggota keluarga mempunyai pengalaman yang berbeda di Ramadhan tahun ini.

6. Mencari ide

Saat ide kita mandeg dan tidak ada semangat untuk menulis, waktu ngabuburit ini bisa digunakan untuk mencari ide. Sambil duduk di teras rumah melihat kesekeliling lingkungan rumah, perilaku orang lain dan berbagai kejadian lainnya semua bisa dijadikan ide untuk menulis.

7. Membereskan rumah

Bagi para ibu yang mempunyai anak kecil, tentunya pekerjaan rumah tangga seakan tidak ada hentinya, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan waktu ngabuburit ini untuk membereskan rumah. Setelah rumah beres, maka aktivitas untuk makan bersama pun akan lebih nyaman karena semua telah tertata rapi tidak ada mainan yang berserakan, dan kita bisa melaksanakan shalat maghrib sampai tarawih tanpa harus berpikir tentang keadaan rumah.


Sebenarnya, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, tapi yang pasti gunakan setiap waktu yang ada untuk hal yang bermanfaat bukan untuk yang sia-sia, agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.


#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

#Day21






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram