Personal & Lifestyle

Jadikan Ramadhan Lebih Bermakna






Tahun demi tahun kita lewati Ramadhan dengan penuh suka cita, tapi ada kebiasaan yang berbeda dari masyarakat yang lebih menyambut Idul Fitri dengan spesial, karena adanya tradisi baju baru, pakaian baru dan segala hal yang baru.
Padahal, seharusnya Ramadhanlah yang kita sambut dengan penuh kegembiraan, karena di bulan inilah bulan yang penuh pengampunan dan penuh pahala. Kesedihanlah yang harus dirasakan saat Ramadhan berlalu.
Manfaatkan setiap Ramadhan yang kita lewati dengan penuh makna dan meninggalkan kesan yang membuat kita selalu merindukannya.
Bagaimana agar Ramadhan lebih bermakna?

1.  Membuat target harian
Buatlah target harian selama Ramadhan, berapa juz yang ingin dibaca setiap hari, amalan sunnah apa yang ingin ditambah dan berapa ayat sehari untuk menambah hafalan.
2.  Menghindari perbuatan yang sia-sia
Daripada kita menghabiskan waktu dengan tidur ataupun menonton televisi, alangkah lebih baik jika kita memanfaatkan Ramadhan untuk meningkatkan ibadah dan terus memperbaiki diri. Sambil menunggu waktu berbuka, kita bisa melakukan apa yang menjadi hobi, misalnya menjahit, membaca dan menulis.
3.  Lebih banyak beraktivitas di masjid
Jadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarkat, bisa dengan mengadakan pengajian, mengajari anak-anak dilingkungan sekitar belajar membaca Al-Qur’an dan membina remaja untuk lebih mencintai masjid. Tentunya, buatlah acara semenarik mungkin agar anak-anak dan remaja mau ikut serta dalam rangka memakmurkan masjid.
4.  Buatlah tulisan yang bermanfaat
Agar Ramadhan lebih penuh makna, buatlah sebuah tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Tulisan yang penuh motivasi dan bisa menginspirasi juga berbagilah ilmu meskipun sedikit agar menjadi amal shalih bagi kita.
5.  Mengikuti kajian
Sebagai manusia adakalanya kita terlena akan waktu sampai tersadar saat Ramadhan sudah hampir berakhir,  yang ada hanyalah sebuah penyesalan. Untuk itu isi Ramadhan dengan banyak menambah ilmu, datangilah majelis-majelis ilmu agar menambah pengetahuan kita tentang agama.
Resapilah setiap makna Ramadhan, agar kita tidak menjadi orang yang merugi karena melewatkan momen di bulan yang istimewa ini.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram