Personal & Lifestyle

Budaya Konsumtif saat Ramadhan







Dalam setahun, kita bertemu dengan bulan yang istimewa yaitu bulan Ramadhan. Tentunya, banyak dong persiapan yang harus dilakukan untuk menyambutnya. Selain fisik yang harus fit, ada lagi yang harus siap yaitu keuangan.


Kenapa keuangan harus disiapkan? Salah satunya yaitu karena adanya budaya konsumtif dari masyarakat kita apalagi selama Ramadhan. Banyak alasannya kenapa masyrakat jadi konsumtif, berikut ini alasannya:

1. Menu yang lebih lengkap dari biasanya

Banyak yang membuat ataupun membeli makanan untuk sahur dan berbuka dengan menu yang lebih lengkap dari biasanya, alasannya agar lebih bersemangat saat sahur dan berbuka. Makanan yang jarang ada ataupun hampir tidak pernah dibuat dibulan-bulan yang lain akan disediakan, seperti kolak dan es buah.

2. Banyak diskon di pusat perbelanjaan

Menjelang Idul Fitri banyak pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon besar-besaran, tentunya hal ini akan membuat kaum wanita tertarik dan segera berbelanja karena takut kehabisan barang yang diinginkan.

3. Banyak datang ke acara buka bersama

Saat Ramadhan biasanya banyak yang merencanakan acara buka bersama sebagai momen berkumpul bersama dengan keluarga besar ataupun teman-teman saat sekolah dulu. Jika tempat yang dipilih menghidangkan menu yang cukup mahal, maka Anda akan mengalami banyak pengeluaran.

4. Harga-harga naik

Meskipun harga-harga kebutuhan pokok naik, mau tidak mau Anda pasti akan membelinya. Dengan adanya kenaikan ini bisa membuat keuangan semakin menipis.

5. Membuat atau membeli kue kering

Idul Fitri adalah waktunya kita saling bersilaturahmi dan saling memaafkan, berkunjung ke rumah saudara ataupun dikunjungi adalah hal yang biasa terjadi selama Iduk Fitri. nah, untuk persiapan menyambut tamu tentunya nggak mungkin kan, kalau tidak ada makanan yang tersaji? Oleh karena itu, Anda akan membeli kue ataupun membuatnya untuk hidangan tamu yang berkunjung.


Selain, alasan diatas banyak yang menyebabkan masyarakat jadi lebih konsumtif apalagi menjelang Idul Fitri. Bagi wanita yang mempunyai rasa gengsi tentunya tidak mau kalau Idul Fitri memakai pakaian ataupun aksesoris yang sama karena merasa malu dan ingin tampil beda,

Disepuluh terakhir, biasanya masjid akan bertambah sepi tapi pusat perbelanjaan kana semakin ramai.  Kebiasaan untuk selalu memakai pakaian baru saat Idul Fitri menjadikan banyak orang rela berhimpit-himpitan saat memilih pakaian, ataupun antri di kassa untuk membayar barang yang dibeli.

Padahal selama Ramadhan ibadah yang utama, jangan sampai terlewati dengan hal yang sia-sia apalagi sampai membatalkan puasa hanya karena merasa pusing saat berbelanja. Yuk, kita sambut Idul Fitri dengan penuh rasa syukur walaupun akan terasa sedih saat akan meninggalkannya.

#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

Day15

2 komentar:

My Instagram