Bisakah Ibu Rumah Tangga Tetap Produktif?

Juni 06, 2017






Banyak ibu yang mengeluh merasa jenuh saat di rumah, tidak bisa mengembangkan kemampuan diri dengan alasan berbagai pekerjaan rumah tangga yang menumpuk, belum harus menjadi ojeg pribadi untuk antar jemput anak sekolah. Yups, kalau dihitung dalam sehari begitu banyak pekerjaan seorang ibu dan pastinya rasa bosan akan menghampiri karena rutinitas yang dijalani hanya itu-itu saja.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya bisa berdiam diri di rumah saja dan hanya mengerjakan tugas seputar rumah tangga. Ibu rumah tangga pun bisa tetap berkarya tanpa harus banyak meninggalkan rumah. Banyak loh sekarang yang bisa mengembangkan diri diluar rumah dan aktif diberbagai komunitas tanpa banyak meninggalkan keluarga ataupun menyita waktu dengan anak-anak.

Yang menjadi pertanyaan, sanggupkah kita berkomitmen dan menjalani dua peran sekaligus? Jangan pernah ingin beraktivitas diluar rumah, jika tidak ada keyakinan bahwa Anda bisa dan mampu menyeimbangkan apapun peran yang dijalani di luar rumah dengan peran utama saat dirumah yaitu menjadi istri dan ibu.

Jika Anda sudah yakin, maka mulailah dan jalani. Nikmati semua prosesnya, banyak belajar kepada para ibu rumah tangga yang sudah bisa menjalani peran lainnya dengan baik.

Namun, jika Anda ingin menjadi ibu rumah tangga yang produktif, perhatikan beberapa hal berikut:

1. Utamakan kebutuhan keluarga

Sebelum melakukan aktivitas lain, selalu utamakan kebutuhan keluarga agar mereka tidak merasa di nomor duakan karena bertambahnya aktivitas Anda di luar rumah.

2. Perbaiki manajemen waktu

Kunci keberhasilan menjadi ibu rumah tangga yang produktif adalah dengan pandai memanajemen waktu. Jika manajemen waktu kacau maka bersiaplah semua rencana Anda tidak akan menghasilkan hasil yang memuaskan, malahan membuat Anda harus mulai memikirkan kembali keinginan untuk menjadi ibu rumah tangga yang produktif.

3. Tak lelah belajar

Jangan pernah lelah untuk belajar, apalagi sekarang banyak media yang memudahkan seorang ibu untuk belajar tanpa harus keluar rumah. Pilihlah media online, yang waktunya fleksibel dan bisa disimak kapan saja serta tidak mengharuskan duduk diam menyimak materi pada saat itu juga.

4. Tentukan apa passion Anda

Saat ingin produktif, maka Anda harus menyesuaikannya dengan passion yang dimiliki. Agar Anda menyenanginya dan selalu antusias untuk mempelajarinya.

5. Gabung ke komunitas yang bersisi ibu-ibu rumah tangga produktif

Untuk memompa semangat dan menambah pertemanan, Anda bisa mulai aktif untuk bergabung dikomunitas-komunitas yang banyak beranggotakan ibu-ibu sukses produktif meskipun hanya ibu rumah tangga. Gali ilmu dan informasi, agar Anda bisa belajar dari mereka yang sudah sukses terlebih dahulu.

Jadilah ibu rumah tangga produktif yang sukses di dalam dan di luar rumah, serta bisa menjadi inspirasi ibu rumah tangga lainnya.


#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

#Day11


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.