Personal & Lifestyle

7 Tips Mengendalikan Emosi








Sebagai manusia kadang disaat tertentu merasa emosi gampang meledak-ledak, meskipun terkadang ingin sekali menahan luapan emosi tapi ya, jika terus ada yang memancingnya, maka akan sampai pada puncaknya dimana Anda bisa mengeluarkan emosi tersebut tanpa memperdulikan lingkungan sekitar.

Bagaimana caranya agar emosi bisa dikendalikan? Berikut ini caranya:
  • Ambil air wudhu
Saat amarah semakin mendekati puncaknya, lebih baik Anda berwudhu agar hati yang sedang panas dapat mendingin sedingin air wudhu yang membasuh anggota tubuh.
  •      Merubah posisi
Jika Anda marah saat berdiri maka duduklah ataupun mencari posisi lain untuk meredam emosi supaya tidak sampai meluap.
  • Tidurlah
Pejamkan mata dan berbaringlah, jangan mengikuti keinginan hawa nafsu untuk marah-marah tidak jelas, setelah tidur biasanya pikiran akan fresh kembali dan Anda sudah tidak lagi emosi seperti sebelum tidur.
  •      Jauhi sumber masalah
Selalu dekat dengan sumber masalah tentunya akan membuat Anda terus teringat-ingat kembali peristiwa yang membuat gejolak amarah Anda bangkit. Untuk itu lebih baik menjauhinya terlebih dahulu sebelum Anda yakin sudah tidak akan terbawa emosi lagi.
  • Menyendiri
Kadang ada saatnya Anda harus menyendiri meskipun hanya untuk berdiam diri di kamar sendiri saja. Kesendirian bisa membuat Anda banyak merenung akan berbagai peristiwa yang terjadi dalam kehidupan yang Anda jalani, baik itu manis ataupun pahit sekalipun.
  • Pergi ke tempat Favorit
Untuk menghilangkan keresahan selama ini, Anda bisa pergi ke tempat favorit untuk membuat pikiran dan emosi Anda stabil kembali.
  • Lakukan hobi yang Anda sukai
Lupakan emosi dengan melakukan hobi yang Anda sukai, dan nikmatilah setiap proses mejalankan hobi tersebut.


Sebesar apapun kesabaran yang Anda miliki ataupun sebaik apapaun pikiran Anda tentang oranng lain, tentunya bukan berarti kita tidak boleh meluapkan emosi. Boleh meluapkan emosi dengan cara menangis ataupun menyendiri, akan tetapi ingatlah apapaun yang Anda jalani jadikan pengalaman walaupun sepahit cerita yang Anda alami begitu pahit.

#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

#Day17






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram