7 Sumber Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Juni 01, 2017







Permasalahan dalam rumah tangga memang kadang sulit dihindari, tidak selalu pernikahan akan berjalan mulus tanpa melalui jalanan terjal mendaki. Berbagai masalah yang terjadi, jika kita ambil hikmahnya adalah suatu pembuka jalan kita untuk menjadi pasangan yang lebih baik untuk suami.
Masalah pun menjadi bumbu dalam pernikahan, rasanya bisa manis, asam bahkan pahit sebagaimana kita pandai meramunya.  Tanpa masalah kita tidak pernah akan dewasa menghadapi sesuatu karena merasa hidup itu bagai air yang tenang.
Dalam pernikahan biasanya ada beberapa sumber yang biasa menjadi pemicu terjadinya pertengkaran, yaitu:
  • Kebiasaan yang berbeda
Namanya manusia mempunyai hati dan pikiran yang berbeda-beda, tentunya keinginan dan kebiasaan pun berbeda. Mulai dari standar kerapihan sampai dengan kebiasaan kecil seperti menyimpan handuk sembarangan, dan hal-hal kecil lain yang bisa berdampak besar.
  • Kurangnya komunikasi antara suami istri
Kesibukan kegiatan sehari-hari bisa menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga, sumbernya hanya satu yaitu kurang terjalinnya komunikasi dengan baik antara pasangan. Saat di rumah pun sibuk dengan aktivitas masing-masing tidak ada waktu untuk berbincang berdua untuk saling berbagi rasa dan berbagi cerita tentang peristiwa yang telah dialami.
  • Salah satu pihak terlalu menuntut pasangannya untuk sempurna
Manusia tidak ada yang sempurna, semua mempunyai kekurangan. Jangan pernah menuntut suami  harus sempurna karena kita pun sama banyak sekali kekurangan dalam menjalani peran sebagai istri.
  • Masalah ekonomi
Merasa selalu kurang dalam segi ekonomi, apalagi ditambah rasa gengsi untuk menurunkan gaya hidup disaat ekonomi keluarga pas-pasan bisa menyebabkan masalah dan pertengkaran yang berlarut-larut. Untuk itu jangan mengejar gaya hidup, sederhanalah dalam menjalani kehidupan karena semua hanya sementara.
  • Gaji istri lebih tinggi dari suami
Di zaman ini, banyak sekali wanita yang berkarier di luar rumah dan mempunyai penghasilan lebih dari pada suami. Jika istri terlalu menyombongkan diri dan lupa tugas utamanya di rumah maka hal seperti ini bisa menyebabkan pertengkaran. Jika para istri ingin berkarier di luar rumah, maka satu yang jangan dilupakan yaitu peran kita sebagai istri di rumah dan tetap harus menghormati dan menjaga harga diri suami dimana pun berada.
  • Campur tangan pihak ketiga
Adanya campur tangan pihak ketiga dalam rumah tangga akan menyebabkan pertengkaran, apalagi jika pihak ketiga ini sering memanas-manasi dan menyulut percikan api pertengkaran antara suami istri. Bersihkan hati dan pikiran agar tidak gampang terhasut perkataan orang lain tentang suami kita.
  • Cemburu yang berlebihan
Rasa cemburu boleh-boleh saja asal tidak berlebihan apalagi jadi selalu mencurigai aktivitas suami, karena pastinya suami akan merasa terganggu dengan rasa curiga berlebihan dan akan merasa wilayah privasinya terganggu.
Setelah mengetahui 7 sumber pertengkaran antara suami istri, alangkah lebih baik kita menghindarinya agar pernikahan selalu harmonis jauh dari masalah yang dapat menghancurkannya.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Akasara
#Day6


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.