5 Kebiasaan Saat Idul Fitri

Juni 26, 2017










Idul Fitri adalah hari yang dinanti umat muslim setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa, banyak sekali kebiasaan yang masyarakat lakukan saat Idul Fitri, yaitu:

1. Mudik
Kebiasaan masyarakat yang pulang kampung menjelang Idul Fitri karena ingin merayakannya bersama keluarga tercinta disebut dengan istilah mudik. Mereka rela meskpun berdesak-desakan, biaya lebih mahal, dan harus sabar saat menghadapi kemacetan. Itu semua dilakukan demi berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman.
2. Memakai baju baru
Entah dari mana kebiasaan ini berasal, yang jelas tanpa baju baru bagi sebagian orang rasanya kurang lengkap. Mereka biasanya akan membeli beberapa stel pakaian untuk dipakai di hari raya agar terlihat lebih rapi dan baru.
3. Menghidangkan makanan spesial
Untuk menyambut hari raya agar lebih spesial, maka banyak masyarakat menghidangkan menu khusus lebaran, yaitu opor ayam, ketupat, rendang dan sambal goreng kentang. Semua itu disiapkan selain untuk keluarga sendiri, juga untuk kerabat yang datang bersilaturahmi.
4. Membagikan angpao
Biasanya saat Idul Fitri ada kebiasaan membagi-bagikan angpao untuk anak-anak, dan kebiasaan ini pun entah dari mana dan mulainya kapan.
5. Menyediakan aneka kue kering
Hari raya adalah hari silaturahmi, saling berkunjung kepada sanak saudara, oleh karena itu di setiap rumah selalu ada kue kering ataupun kue khas daerahnya masing-masing.

Itulah 5 kebiasaan yang terjadi saat Idul Fitri tiba, apapun kebiasaan yang ada dalam setiap keluarga jangan sampai melupakan arti sebenarnya dari Idul Fitri dan jangan sampai memaksakan diri saat kita belum mampu melakukannya, rayakanlah dengan sederhana karena dengan itu tidak akan membuat arti Idul Fitri menjadi berkurang.

#RamadhanInspiratif
#Challenge
#Aksara
#Day29



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.