5 Cara Bijak Menyikapi Masalah

Juni 26, 2017









Setiap manusia pasti punya masalah baik berasal dari dalam diri, orang terdekat maupun dengan lingkungan. Saat mengalami masalah bukan kita menjauhinya atau lari darinya karena masalah tersebut tidak akan pernah selesai jika kita pergi, tapi akan terus selalu mengiringi setiap langkah saat kemana pun kita pergi.


Masalah akan menjadi besar atau pun kecil semua tergantung sikap kita saat menghadapinya, apakah dengan emosi, sabar ataupun segera mencari solusi? Jadi, hadapilah setiap masalah dengan cara yang terbaik, pikirkan dan selesaikan jangan menghindarinya.


Berikut ini 5 cara bijak menyelesaikan masalah, yaitu:

1. Meminta nasihat orang lain

Saat ada yang memberi nasihat, kadang kita berpikir, “ah mudah bicara karena kamu tidak mengalaminya”. Meskipun orang yang mmeberi nasihat tidak pernah mengalaminya, akan tetapi jika nasihat yang diberikan positif maka terimalah. Dalam situasi banyak pikiran, maka bicara dengan orang yang bisa memberi solusi yang tepat serta bersedia mendengrakan segala keluh kesah kita, setidaknya akan membuat kita lebih lega.

2. Cari akar permasalahan dan segera selesaikan

Tidak ada masalah yang timbul jika tidak ada penyebabnya, untuk itu cari sumbernya dan intropeksi saat ada kesalahan dalam diri kita, lalu segera selesaikan.

3. Seberat apapun hadapilah

Masalah tidak akan pernah selesai saat kita berpaling darinya dan berusaha seakan tidak pernah terjadi apapun, untuk itu hadapi seberat apapun itu dan yakinlah Anda sanggup melewatinya.

4. Minta bantuan pihak ketiga

Jika masalah yang terjadi karena ketidak sengajaan yang kita lakukan terhadap orang lain sehingga membuatnya tersakiti dan tidak mau lagi bicara ataupun bertemu dengan kita, maka Anda bisa meminta bantuan dari pihak ketiga yaitu orang terdekat dan yang paling disegani oleh orang yang telah Anda sakiti.

5. Jangan mengumbar masalah kepada khalayak umum

Zaman sekarang dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan media sosial, maka semakin pula banyak orang yang berkeluh kesah tentang masalah pribadi di media sosial, padahal jika orang yang bermasalah dengan Anda membacanya, dia akan merasa semakin marah dan kecewa serta secara tidak langsung Anda mengumbar aib diri sendiri.


Pilihan bijak menghadapi masalah adalah dengan mengadu pada sang Maha Pecipta, berdo’a dan ikhtiar, yakinlah semua akan bisa dilalui dan jadikan setiap masalah yang terjadi sebagai proses pembelajaran diri untuk lebih baik.


#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

#Day27


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.