Agar Ramadhan Lebih Produktif

Mei 14, 2017





Sebentar lagi kita menyambut bulan suci Ramdhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Selain menyiapkan diri secara fisik untuk menjalani bulan suci ini, kita pun harus mempersiapkan batin dalam beribadah dan menjadi pribadi yang lebih baik setelah Ramadhan.
Nah, di Ramadhan tahun ini ada hal yang baru ingin saya lakukan, berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya dimana saya belum tahu apa yang harus dilakukan agar lebih produktif, dunia maya digunakan untuk browsing seputar dunia ibu rumah tangga saja tanpa dimanfaatkan untuk hal yang lain.
Tapi, berbeda dengan tahun ini. Saya ingin lebih produktif, ingin bisa berbagi dan menginspirasi walau lewat sebuah tulisan. Namun, sebelum mewujudkan langkah tersebut, tentunya saya sebagai seorang ibu rumah tangga dan bekerja harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu:
1. Mengatur waktu lebih baik lagi
Pandai mengatur waktu adalah salah satu rahasia sukses seorang ibu bekerja yang tetap bisa menghasilkan karya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dijadikan skala prioritas yaitu kebutuhan suami dan anak-anak.
Jangan sampai karena kesibukan kita sampai melalaikan kewajiban di dalam rumah. Ingat, ya izin suami adalah hal yang utama bagi seorang wanita yang ingin berperan lebih banyak di luar rumah.
2. Memanfaatkan waktu sahur untuk menulis
Biasanya seorang ibu bangun lebih pagi dari anggota keluarga lainnya untuk menyiapkan makanan sahur. Nah, biasanya ada waktu antara 15-30 menit menunggu waktu yang tepat membangunkan semua anggota keluarga untuk sahur, karena sudah biasa sahur diakhir. Ramadhan tahun-tahun kemarin waktu tersebut biasanya hanya digunakan untuk menonton televisi agar mengusir rasa kantuk. Tapi, tahun ini bisa digunakan untuk menuangkan ide dikepala menjadi sebuah tulisan.
3. Membuat target
Untuk bisa lebih produktif tentunya saya harus bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk itu sebelum Ramadhan ini saya harus membuat target, apa saja yang ingin dicapai selama Ramadhan baik itu dalam hal ibadah maupun dalam berkarya. 
Selama ini saya hanya menulis paling banyak 3 artikel dalam satu hari, namun dibulan Ramadhan ingin lebih produktif dengan minimal 5 tulisan berbentuk artikel perhari.
4. Banyak membaca buku 
Selain tilawah Al-Qur’an dan menambah hafalan, ada hal yang ingin saya lakukan di Ramadhan tahun ini yaitu banyak membaca buku dengan target 1 minggu minimal 2 buku. Keinginan saya untuk menjadi seorang penulis tentunya harus diimbangi dengan mempunyai wawasan luas, salah satunya yaitu dengan banyak membaca. 
Dari buku yang dibaca selain menambah ilmu, bisa juga menambah ide untuk menghasilkan sebuah tulisan. Untuk itu membaca untuk seorang penulis itu sangat penting, dan sebuah hal yang wajib.
Mudah-mudahan keinginan untuk lebih produktif dalam menulis di bulan Ramadhan ini, dimudahkan dan dilancarkan Aamiin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.