Personal & Lifestyle

Antara Deadline dan The Power of Kepepet






Bagi yang senang menulis, tentunya sudah akrab dengan yang namanya deadline. Entah kenapa ya, saya ini termasuk salah satu pasukan pecinta deadline, mau itu buat lomba ataupun buat setoran di grup seperti #1minggu1cerita ataupun #odopfor99days yang saya ikuti secara rutin.

Sebenarnya kebiasaan seperti ini, jangan ditiru ya! Soalnya menyebabkan efek samping, yang meskipun terasa sesaat tapi bikin sport jantung.  Apalagi jika belum terbiasa bisa bikin gelisah tak menentu, sampai tak karuan melihat jarum jam yang terus berputar dan pastinya harus terus menerus di depan laptop, seakan-akan waktu mengejar terus menerus.


Apa sih sebenarnya penyebab orang suka berhadapan dengan deadline?

1.      Menunda-nunda terus pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan sebenarnya tidak baik. Merasa waktu deadline masih lama, jadi berfikir santai saja. Tapi, tanpa terasa waktu cepat berlalu dan akhirnya harus berhadapan dengan yang namanya deadline.

2.      Merasa belum ada ide

Alasan belum adanya ide, bisa membuat seseorang untuk santai dan baru tersadar saat deadline segera tiba.

3.      Moody

Ada beberapa orang yang nulis itu harus saat mood dalam keadaan bagus, jadi kalo tidak sedang mood ya belum mau mengerjakan.


Nah, agar tidak berhadapan dengan deadline, berikut tipsnya:

1.      Langsung buat konsep

Saat tahu ada hal yang ingin ditulis, maka buatlah konsepnya terlebih dahulu. Jika ditunda kita akan lupa dan terbuai waktu.

2.      Catat tanggal deadline

Jika tidak dicatat biasanya kita akan lupa, dan menyesal jadinya melewatkan lomba ataupun kesempatan yang berharga.

3.      Menulis dan menulislah

Walaupun belum ada ide yang pas, tetaplah menulis. Lebih baik sedikit demi sedikit daripada sekaligus dalam satu hari. Selain itu, saat kita mengerjakan jauh-jauh hari maka bisa mengedit sana sini dulu. Siapa tahu ada yang thypo dan nggak nyambung dengan tema.


Tapi, terlepas dari baik dan buruknya menulis saat deadline tiba, ada satu yang saya rasakan bahwa the power of kepepet itu terbukti. Disaat mengejar waktu deadline, ide dan tulisan mengalir begitu saja. Tidak ada yang namanya mandeg, semua mengalir begitu saja, bahkan percaya diri meningkat.


Buat Anda yang nulis saat deadline tiba, persiapkan beberapa hal ini:

1.      Pastikan anak-anak sudah tidur

Kalau belum tidur jangan dulu pegang laptop, karena diajmin tidak bisa konsen.

2.      Minta izin pada pasangan

Penting loh, minta izin pada pasangan jadi suami atau istri kita tidak akan mengganggu.

3.      Sediakan minum dan makanan

Jangan biarkan perut kosong karena akan berakibat tidak konsen, tapi jangan terlalu kenyang juga karena akan mudah mengantuk.

4.      Matikan data seluler

Sebelum mulai nulis, matikan data seluler atau update status dulu kalau Anda sedang tidak bisa diganggu karena menghadapi dealine.


Namun, sekali lagi jangan ditiru, karena pasukan pecinta deadline ini hanya untuk orang-orang yang bernyali tinggi dan suka tantangan. Ada lagi yang paling penting pastikan kuota Anda terisi dan bersahabat dengan jaringan.

Selamat menulis!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram