Personal & Lifestyle

Arti Sebuah Nama





Tema 1 minggu 1 cerita kali ini, bikin saya harus mencari ide lumayan lama. Tentang arti sebuah nama. Saya juga tidak tahu apa arti nama saya sendiri, tidak pernah bertanya pada orang tua dan tidak pernah ingin mengetahuinya. Namun, yang pasti ada cerita bahagia dibalik sebuah nama yang mereka beri untuk kami anaknya.



Tapi, bagi saya nama itu mempunya banyak arti, yaitu:

1.  Identitas diri

Kebayangkan kalau kita tidak punya nama, bagaimana orang akan memanggil kita. Masa iya manggilnya dengan si nganu, enggak banget kan. Jadi nama itu penting buat identitas diri.

2.  Tanda kasih sayang orang tua

Saat kita lahir bahkan sebelum lahir pun, orang tua sudah menyiapkan nama kita. Begitupun saat kita terlahir selain jenis kelamin yang ditanyakan pasti namanya siapa?. Apapun nama kita itulah tanda kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Jelek atau bagus yang penting orang tua punya pemikiran sendiri akan nama yang diberikan untuk anaknya.

3.  Nama adalah do’a

Pemberian nama dari orang tua selain bentuk kasih sayang, tapi juga sebuah do’a dan harapan mereka untuk anak-anaknya. Misalnya saja ingin anaknya sholeh maka diberi nama Sholeh, ingin anaknya cerdas seperti Siti aisyah maka anaknya diberi nama yang sama.

Untuk itu jangan pernah mengolok-ngolok nama teman ataupun sampai malu bahkan merubah nama kita karena dianggap sudah ketinggalan zaman ataupun kampungan. Karena ingatlah di balik sebuah nama ada do’a dan harapan orang tua terhadap anaknya. Banggalah apapun namamu, dan syukurilah kita punya sebuah nama.

#1minggu1cerita
#ODOPfor99days

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram