Agar Percaya Diri Saat Menulis

Maret 03, 2017




Pernahkah mengalami rasa kurang percaya diri saat menulis? Sering menghapus kembali tulisan yang sudah selesai, karena merasa kurang bagus? Merasa tulisan yang ada tidak berkualitas, sehingga tidak jadi membaginya kepada orang lain?
Perasaan tidak percaya diri saat menulis biasanya dikarenakan beberapa faktor,diantaranya: 
  • Sering melihat tulisan yang lain lebih bagus dan merasa apa yang kita tulis tidak ada yang bisa menarik perhatian pembaca.  
  • Miskin ide
  •  Takut salah

Nah, bagaimana caranya agar merasa percaya diri saat menulis:
1.      Jadilah diri sendiri
Punya penulis favorit memang hal yang biasa, namun jika Emak sudah mulai ingin apa yang ditulis ingin  seperti dia, sampai mengcopy paste gaya menulis dan tema tulisannya. Maka, siap-siaplah untuk selalu tidak percaya diri saat menulis. Oleh karena itu menulislah dengan gaya sendiri tanpa dibayangi gaya tulisan orang lain.
2.      Tulislah tema yang dipahami
Untuk meningkatkan percaya diri, menulislah dahulu tema yang sudah biasa Emak baca atau pahami. Jika terlalu memaksakan menulis diluar tema yang biasa Emak kuasai, maka akan menyebabkan perasaan tidak percaya diri muncul. 
3.   Tidak bosan belajar
Jangan pernah bosan untuk belajar, karena jika ingin percaya diri menulis maka teruslah belajar. Tidak ada alasan untuk tidak belajar, karena biasanya penulis itu selalu belajar, berbagi ilmu dan menginspirasi banyak orang lewat tulisan.
4.      Takut dikritik
Jika ingin menjadi penulis profesional, jangan pernah takut dikritik. Tapi, mintalah masukan kepada para mentor menulis dan senior di dunia menulis. Terima semua kritikan dengan lapang dada dan jadikan cambukan untuk lebih baik lagi.
Nah, mulai sekarang teruslah menulis dan percayalah suatu saat tulisanmu akan menemui takdir Nya.

#1minggu1cerita
#Odopfor99days2017

2 komentar:

  1. cuek dan cuek setelah menulis. biarkan pembaca menilai selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, meningkatkan rasa cuek itu yang kadang buruh motivasi

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.