Memaafkan Masa Lalu

Februari 12, 2017






“Ketika Anda memaafkan, Anda sama sekali tidak merubah masa lalu tetapi Anda yakin bisa merubah masa depan” (Bernard Melzer)


Saat kita melakukan perbuatan yang salah, selayaknya kita harus meminta maaf. Baik itu kesalahan kepada pasangan, keluarga, sahabat  ataupun terhadap anak kecil sekalipun.
Memaafkan memang tidak mudah, tetapi meminta maaf atas kesalahan yang telah dibuat juga sama tidak semudah membalikan telapak tangan.
Ada beberapa orang yang kadang merasa gengsi untuk meminta maaf. Bahkan, tidak mengakui kesalahannya dan merasa paling benar.
Ada juga yang tidak mau memaafkan kesalahan seseorang, meskipun orang yang berbuat salah sudah meminta maaf. Apalagi jika kesalahan yang dianggap salah saat Bunda kecil dan berlangsung lama.
Ya, jika seseorang ingin merubah  pandangannya dan melangkah lebih baik untuk masa depan. Maka dia harus melupakan masa lalu sepahit apapun itu.
Semua orang pastinya mempunyai masa lalu, tapi tidak semuanya melewatinya dengan indah.
Ada yang harus melewati jalan berbelok-belok bahkan terjal, namun ada juga yang melewatinya dengan jalan yang lurus tanpa rintangan.
Selalu mengingat masa lalu akan menjadikan Bunda diselimuti dendam dan sakit hati yang tidak ada habisnya. Dan, ini akan berakibat fatal untuk kehidupan Bunda sendiri. Semua akan berefek negatif terhadap pasangan dan cara Bunda mendidik anak.
Jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik, salah satunya dengan cara memaafkan masa lalu. Sepahit apapun itu, harus diambil hikmahnya. Karena, Bunda bisa hidup seperti sekarang ini karena tempaan ujian di masa lalu.
Jadi, lupakanlah masa lalu, maafkanlah dan tataplah masa depan dengan senyuman.
#1minggu1cerita
#3minggu
#ODOPfor99days
#Day3

 





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.