Personal & Lifestyle

7 Penyebab Waktu Bunda banyak Terbuang





Sebagai seorang ibu rumah tangga, pastinya waktu 24 jam rasanya selalu tidak cukup apalagi untuk mengerjakan berbagai urusan rumah tangga.
Dari bangun tidur sampai akan tidur kembali selalu banyak pekerjaan yang seakan tidak ada selesai.  Tapi, benarkah waktu 24 jam tidak cukup? Sudahkah Bunda mengevaluasi manajemen waktu yang sudah dibuat, ataukah ada beberapa kegiatan yang sebenarnya tidak penting tapi Bunda melakukannya? Yuk, kita cari penyebabnya!
          1.Banyak menghabiskan waktu dengan tetangga
Kenal dan menyapa tetangga sebenarnya suatu keharusan, karena akan aneh jadinya kalau tetanggan tapi tidak saling mengenal. Namun, jika suka lupa waktu apalagi sampai berjam-jam di rumah tetangga bukanlah suatu hal yang baik. Selain menghabiskan waktu, kebiasaan ini juga dapat mengganggu tetangga tersebut.
Berkunjunglah seperlunya dan segera kembali disaat keperluan sudah selesai. Ingat Bun, pekerjaan di rumah menunggu.
 
      2. Terlalu sering membuka media sosial
Berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya pada zaman ini memang sudah menjadi sesuatu yang biasa. Tapi, jangan mentang-mentang waktunya fleksibel bisa kapan saja, sampai Bunda lupa waktu karena, terlalu asyik membuka media sosial. Hal ini akan menyebabkan Bunda lalai akan kewajiban di rumah.

      3. Sering mengeluh
     Mengeluh memang boleh-boleh saja, asalkan dalam tahap wajar. Namun, jika keseringan mengeluh dan uring-uringan setiap hari, tidak akan menyebabkan pekerjaan cepat selesai malahan cape karena bicara terus menerus karena menghabiskan energi dan pikiran. Lakukanlah pekerjaan  rumah tangga dengan hati ikhlas, agar bernilai ibadah.

4.Terlalu lama istirahat
Mengerjakan pekerjaan rumah tangga memang melelahkan, sebaiknya Bunda mempunyai waktu istirahat di siang hari. Namun, jangan karena alasan lelah Bunda jadi lama beristirahat. Sehingga tidak terasa waktu cepat berlalu.

      5.  Belanja tanpa catatan
Belanja harian untuk keperluan dapur, sebaiknya Bunda membawa catatan. Jika tidak membawa catatan, biasanya akan menghabiskan waktu lama di warung maupun pasar. Selalu rencanakan mau belanja apa dan belanjalah sesuai daftar yang ada.

      6. Mampir ke suatu tempat sebelum dan sesudah berpergian
Biasakan untuk pergi dan pulang dari berpergian tidak belok dulu kesuatu tempat. Setelah kepentingan selesai usahakan selalu langsung pulang ke rumah. Bunda harus ingat banyak waktu yang akan terbuang, jika mampir dulu ketempat yang bukan tujuan awal.

7. Menonton TV
Banyaknya saluran TV dan menayangkan tontonan yang disukai kaum perempuan, apalagi jika Bunda suka tayangan seperti sinetron yang jam tayangnya cukup lama. Ini bisa menyebabkan waktu Bunda tersita, karena tidak mau ketinggalan tayangan per episodenya.

Ternyata, setelah dicari penyebabnya bukan waktu yang tidak cukup tapi kita sebagai manusia yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

2 komentar:

My Instagram