Personal & Lifestyle

Desember 27, 2016

Belajar masak

by , in


Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang perempuan sebelum menikah adalah ahli di dapur.

Tapi, berbeda dengan perempuan kebanyakan saya belum bisa apa-apa saat menikah. Bersyukur punya mertua yang baik, tidak cerewet masalah dapur. Padahal, waktu itu kami serumah loh!
Kadang saya suka beli jadi kayak ayam beli cuman 2 potong, dan ikan hanya 2 ekor. Suka senyum-senyum sendiri kalau ingat waktu pertama menikah, dari mulai masakan keasinan, hambar sampai gosong.

Ya, itulah proses belajar yang harus di lalui. Seiring waktu mulailah bisa masak meskipun sedikit demi sedikit.
Dulu sewaktu belum menikah bahkan sampai saat ini, saya senang banget ngumpulin resep masakan sampai dibikin kliping. Tapi, yang jadi masalah adalah nggak ada yang di praktekan. Dan sampai saat ini sebagian koleksi resep dari tabloid dan majalah masih ada.

Zaman saya sih belum terlalu paham internet, hp juga punya yang jadul. Berbeda dengan sekarang mau resep apapun tinggal klik mbah google. Keluar deh itu resep yang di cari.
Setelah 8 tahun menikah mulai berani bereksplorasi membuat kue kering, bolu kukus dan camilan. Sudah ada beberapa resep yang sering dibuat seperti, donat kentang, widuran keju, bolu kukus jerman, kue keju dan kue salju.

Selain ilmu masak yang masih kurang kadang rasa malas menghampiri. Tak jarang sudah beli bahan dan alat tempur sudah tersedia, eh prakteknya ditunda. Tapi, sekarang sudah mulai mendisiplinkan diri minimal 1 minggu 1 resep dan selalu berusaha menyajikan makanan ala rumahan untuk keluarga.
Untuk itu di usia pernikahan 10 tahun hampir 11 tahun mulai mengikuti kelas masak online yang gurunya itu Mba Niken.

 " Belajar itu tidak ada kata terlambat asal kita mau berusaha dan selalu disiplin".

Begitupun dengan manajemen dapur dari mulai kerapihan dapur, jadwal menu sampai pengolahan bahan makanan hingga bisa menjadi makanan lezat untuk keluarga tercinta.

Yuk, ah selalu menjadi istri dan ibu yang belajar. Hamasah!

Sumber gambar: pixabay

Desember 25, 2016

Tips Liburan Asyik

by , in


5 Ide Asyik Liburan di Rumah


Hai Bunda! Sudah punya rencana liburan kemana bersama keluarga? Di dalam kota atau keluar kota? Asyik ya bisa liburan bersama keluarga sambil menikmati liburan sekolah dan akhir tahun.
Namun, tidak semua keluarga bisa menikmati liburan di luar rumah, sama seperti saya liburannya di rumah aja nih.
Tapi, jangan sedih ya Bun ada cara asyik menikmati liburan meskipun hanya di rumah saja. Simak yuk tips berikut ini:

     1. Masak bersama
Membuat menu dan menyajikannya untuk keluarga tercinta biasanya adalah tugas Bunda, namun saat menikmati liburan bersama dirumah, tidak ada salahnya menjadwalkan untuk sama-sama berkreasi di dapur.
Libatkan anak dari mulai memilih menu, berbelanja bahan sampai tahap proses membuat dan menyajikan makanan. Berkreasi di dapur biasanya akan membuat anak-anak tertarik karena mereka bisa ikut mengolah makanan. Pilihlah makanan yang gampang dibuat dan anak-anak suka, misalnya donat, spaghetti ataupun kue kering.

    2. Mencat ulang kamar
Jika cat kamar anak sudah tidak bagus lagi, maka Bunda bisa mengajak anak untuk mencat ulang kamarnya. Ajaklah anak pergi ke toko cat dan biarkan dia memilih warna kesukaannya, lalu libatkanlah dalam proses mengecat kamarnya.

    3.  Bercocok tanam
Melakukan kegiatan bercocok tanam biasanya disukai anak-anak, tidak harus mempunyai halaman luas untuk melakukannya, cukup di teras rumah ataupun di balkon lantai atas.
Jika, tidak ada pot Bunda bisa menggunakan bahan daur ulang dari wadah bekas sabun, kardus susu cair ataupun botol air mineral. Tanamlah pohon yang bisa tumbuh dimedia tersebut, seperti cabe, tomat ataupun daun bawang.

    4. Buatlah kreasi bersama
Untuk melatih kreativitas anak, buatlah kreasi bersama bisa dari bahan daur ulang, membuat origami ataupun melukis memakai cat air. Meskipun kegiatan ini terlihat sederhana tapi bisa membuat anak tertarik dan gembira.

    5. Nonton bersama
Bunda bisa mengajak anak untuk nonton bersama film favoritnya sambil mengajaknya diskusi tentang tokoh yang ada, dan sediakan camilan kesukaanya.
Banyak cara menikmati liburan meskipun hanya di dalam rumah. Selamat menikmati liburan ya!

Desember 18, 2016

Nwh 9

by , in


Bunda sebagai Agen Perubahan

Tak terasa sudah memasuki NWH 9, tahap demi tahap telah di lalui namun tetap saja ada hal yang terasa belum maksimal mengerjakan setiap NWH.
Setelah menemukan passion, kita melihat isu sosial di sekitar dan membuat solusi yang terbaik buat keluarga dan masyakat.
Rumus yang dipakai
*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE
Kita harus bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri
Setelah memilih passion nulis dan manajemen rumah tangga ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk bisa menjadi agen perubahan.
Permasalahan yang saya alami ialah kurangnya ilmu menulis dan rumah tangga, kurangnya manajemen waktu, dan kurangnya disiplin terhadap skala prioritas yang telah dibuat.
Namun, seiring waktu dengan komitmen pada diri berazzam untuk berubah, pelan-pelan semua bisa diatasi
Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

1. Hobi dan minat
Menulis
Manajemen ibu rumah tangga

2. Skill Hard dan soft
Menulis artikel
Manajemen waktu, dapur, pekerjaan, dan rumah serta kebutuhan suami dan anak

3. Isu Sosial
Banyaknya tulisan yang tidak ada sumbernya
Pembaca artikel

4. Masyarakat
Pembaca artikel
Ibu rumah tangga yang bekerja dan tidak bekerja

5. Ide sosial
 Mengedukasi masyarakat bahwa menyebarkan tulisan harus dilihat sumber yang validnya
 memberikan informasi tentang manajemen rumah tangga dan cara mengatasinya







Desember 10, 2016

Nwh8 martikulasi IIP

by , in

Nicehomework 8 

Misi Hidup dan Produktivitas


Di Nwh 8 ini belajar bagaimana pentingnya menentukan misi hidup untuk menunjang produktivitas di keluarga, maka saat ini kita akan menggali bagaimana menerapkannya:

Ambil salah satu dari aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan Bisa (dilihat di NWH#7)
Di kuadran aktivitas saya SUKA DAN BISA, salah satu yang saya tulis adalah menulis karena dari awal saya senang menulis.

Setelah ketemu satu hal, jawablah pernyataan BE DO HAVE di bawah ini:
Kita ingin menjadi apa? (BE)
Saya ingin menjadi manajer rumah tangga yang handal agar bisa menjadi ibu professional, dan menjadi penulis produktif yang bisa menginspirasi orang dengan tulisan.

Kita ingin melakukan apa? (DO)
Melakukan segala aktivitas rumah tangga dengan terencana dan tertata rapi, belajar terus memperbaiki diri, belajar menulis dengan hati dan mengikuti kelas menulis professional.

Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Memiliki keluarga bahagia, memiliki keluarga yang takut akan Rabb Nya dan memiliki ilmu yang bisa dibagi kesetiap orang

C.  Perhatikan 3 aspek dimensi waktu dibawah ini dan isilah:

1.    Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita ( lifetime purpose)
Menjadi hamba yang selalu taat, menebar manfaat pada lingkungan dan menjadi istri sekaligus ibu shalehah.

 2.    Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( Strategic Plan)
Melihat NWH sebelumnya saya ingin mencapai apa yang saya rencanakan, yaitu menjadi ibu professional handal dan bisa menebar manfaat untuk orang lain lewat tulisan.

3.   Apa yang akan kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)
Mengikuti kelas memasak agar bisa menjadi koki handal keluarga, menata rumah ala konmari, membeli yang hanya dibutuhkan, dan berprestasi dalam dunia menulis.







My Instagram